PENTINGNYA PENYUSUNAN KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI) TERHADAP KOMITMEN PENCAPAIAN SASARAN KERJA KARYAWAN

 

Jl Parangtritis Km 9, Bantul, Yogyakarta, 55186.  Depan Bank BPD DIY.

(0274)28811844/085328859600

Organisasi dibentuk sebagai wadah bagi sekelompok individu dalam mencapai tujuan-tujuan tertentu. Efektif tidaknya organisasi tergantung kepada sinergi atau kerjasama individu dan kelompok dalam organisasi untuk mencapai tujuan atau sasaran bersama (Hidayat, 2013). Untuk dapat bekerjasama dan berprestasi dengan baik, seorang karyawan harus mempunyai komitmen yang tinggi pada organisasinya (Tranggono & Kartika, 2008), disamping itu keberhasilan dan kinerja seseorang dalam suatu bidang pekerjaan banyak ditentukan oleh tingkat kompetensi, profesionalisme juga komitmen terhadap bidang yang ditekuninya (Yudhaningsih, 2011).

Armstrong (2003) mengatakan bahwa sasaran adalah sesuatu yang harus dicapai, baik sebagai tujuan (target), rencana atau proyek yang harus diimplementasikan atau diselesaikan, standar kinerja yang harus dicapai atau dipertahankan, sasaran pengembangan pribadi atau nilai-nilai yang harus dipertahankan. Moorhead dan Griffin (2013) juga menambahkan bahwa penetapan sasaran adalah metode yang sangat berguna untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Kebanyakan perusahaan penilaian yang  digunakan masih berorientasi pada penilaian kepribadian (personality) dan perilaku (behavior) terfokus pada pembentukan karakter individu dengan menggunakan kriteria perilaku dan belum terfokus pada kinerja, peningkatan hasil, produktivitas (end result) dan pengembangan pemanfaatan potensi. Penilaian kinerja yang sudah digunakan kurang dapat melihat pencapaian kinerja dan pelaksanaan pekerjaan yang mereka lakukan. Kekurangan penilaian kinerja tersebut menyulitkan pihak manajeman dalam melihat kinerja karyawan karena penilaiannya subjektif dan tidak adanya tolak ukur untuk melihat pencapaian kinerja.

Penilaian kinerja yang obyektif merupakan indikator prestasi kerja yang dapat diperiksa oleh orang lain dan biasanya bersifat kuantitatif (Wibowo, 2008). Kriteria untuk mengukur standar kinerja secara kuantitatif merupakan ukuran paling mudah untuk disusun dan diukurnya, yaitu hanya dengan menghitung seberapa banyak unit keluaran kinerja harus dicapai dalam kurun waktu tertentu (Wirawan, 2009).

Dalam upaya mengukur kinerja yang sangat kompleks, perlu bagi penilai untuk menentukan indikator kinerja yang tepat dan baik. Oleh karena itu, adanya key performance indicator atau indikator kinerja utama merupakan jawaban atas keinginan karyawan yang selalu menginginkan ukuran yang lebih objektif dalam penilaian hasil pekerjaannya (Moeheriono, 2012). Dapat  disimpulkan bahwa penyusunan KPI oleh karyawan dapat digunakan untuk merepresentasikan pencapaian kinerja SDM, mengetahui dan menganalisis hasil pengukuran kinerja SDM.

 

Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai  KPI (Key Performance Indicator) akan hadir di bulan Agustus Workshop KPI.

Workshop KPI ini hadir untuk memberikan pendekatan yang komprehensif dan sekaligus praktikal, tentang bagaimana langkah demi langkah membangun sinergi antara  corporate and employee performance. KPI akan membangun unit kerja, perusahaan, departemen, atau organisasi dalam mencapai target untuk mengetahui sejauh mana sasaran dari target tersebut dalam pencapaiannya. Peserta juga akan dituntun ntuk meng identifikasi serta memformulasi suatu KPI (Key Performance Indicator) yang optimal.

Bagi Anda yang berkarir  sebagai  HRD atau personalia atau mahasiswa freshgraduate yang tertarik berkrir di perusahaan ambil kesempatan berharga ini !!!! 

Date

 Hari/ Tanggal:  Sabtu, 18 Agustus 2018

 Pukul :08.00-15.00 WIB

 Hotel Kalya (Jl Gedongkuning Sel, No. 118, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta)

 TRAINER

Miftahun Ni’mah Suseno, S.Psi., M.A., Psikolog ((Berpengalaman sebagai ASESSOR di berbagai perusahaan dan instansi pemerintah, TRAINER pelatihan dan kegiatan pengembangan SDM dan TIM AHLI Pusat Psikologi Terapan Metamorfosa, yang telah berpengalaman melakukan asesmen kepada lebih dari 70 perusahaan)

 MATERI

  1. Developing Key Perfomance Indicator
  2. Perfomance Appraisal
  3. Evaluating Key Perfomance Indicator

FASILITAS

  • E-book KPI
  • Certificate
  • Handout Workshop
  • Coffe break & Lunch
  • FREE Psikotes (Mengetahui Gaya Kepemimpinan)

INVESTASI

Rp. 550.000,-

Transfer by BNI a.n Fatina Ihtiyati No. Rek 0603524689

 

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA, KUOTA TERBATAS!