Membangun Hubungan Interpersonal yang Sehat

Artikel

Manusia adalah makhluk sosial, artinya dalam hidup mereka akan membutuhkan interaksi dan saling bergantung satu sama lain. Salah satu bentuk interaksi yang terjadi dalam kehidupan adalah hubungan interpersonal, yaitu sebuah hubungan yang terdiri atas dua orang atau lebih yang memiliki ketergantungan satu sama lain dan menggunakan pola interaksi yang konsisten selain itu hubungan interpersonal juga bukan hanya sekedar menyampaikan pesan akan tetapi terdapat sebuah kedekatan secara psikologis yang ada didalamnya. Hubungan interpersonal ini tidak hanya mengacu pada hubungan yang romantis, akan tetapi juga bisa dikaitkan dengan hubungan seseorang dengan teman, keluarga, rekan kerja, maupun kerabat. Hubungan interpersonal yang terjalin akan memberikan dampak yang akan dirasakan oleh pihak-pihak yang terlibat, pada umumnya alasan orang membentuk sebuah hubungan interpersonal adalah untuk mengurangi rasa kesepian, slaing bertukar pikiran, dan mendapatkan kebahagiaan. Setiap orang pasti pernah berusaha untuk membangun hubungan interpersonal, akan tetapi dari semua usaha untuk membangun hubungan interpersonal ada yang berjalan dengan baik maupun kurang berjalan dengan baik.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam memulai hubungan interpersonal yang baik dan sehat :

Memahami apa yang orang lain sukai 

Untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, kita harus bisa mengetahui serta memahami apa yang diperbolehkan dan tidak diperkenankan. Begitu juga dalam membangun hubungan interpersonal, dengan mengetahui apa yang orang lain sukai dan apa yang mereka kurang sukai, maka kita bisa mencegah diri untuk melakukan hal tersebut agar ia merasa nyaman dan tidak terganggu.

Meningkatkan potensi dan prestasi 

Memiliki prestasi, kemampuan, dan potensi yang terlatih dapat menjadi nilai lebih di pandangan orang lain. Apabila kita memiliki sebuah keahlian atau kemampuan dalam bidang tertentu seperti olahraga, komunikasi, marketing, manajemen, psikologi, dll, dapat membuat orang lain lebih tertarik untuk membangun hubungan interpersonal yang sehat dengan kita

Berbuat baik kepada orang lain. 

Dalam membangun hubungan interpersonal yang sehat, kebaikan adalah salah satu kunci yang menjadi perantara diri kita dengan orang lain. Kebaikan yang kita lakukan kepada orang lain dengan niat yang tulus tentu saja dapat membuat orang tertarik dalam menjalin hubungan interpersonal dengan kita dan tentunya dapat memberikan timbal balik yang positif pada diri kita. Hal ini seperti sebuah ungkapan barangsiapa yang menanam kebaikan pasti akan menuai kebaikan, begitu juga dengan sebaliknya.

Meningkatkan kualitas sikap dan komunikasi

Ketika akan membentuk sebuah hubungan interpersonal, orang lain akan memperhatikan bagaimana kita bertutur kata dan bersikap, oleh karena itu alangkah baiknya untuk kita selalu berusaha meningkatkan cara kita berkomunikasi dengan baik dan bersikap dengan orang lain. Apabila kita dapat memposisikan diri dengan baik dalam bersikap maupun bertutur kata tentu saja dapat mempermudah dalam menjalin hubungan interpersonal dengan orang lain

 

Sebagai seorang manusia, kita tidak bisa begitu saja lepas dengan lingkungan sosial disekitar kita. Perasaan saling terhubung antar pribadi dapat terjalin apabila kita menjaga baik kuantitas serta kualitas dalam berkomunikasi dengan orang lain. Perlu diingat bahwa kita sejatinya tidak bisa hidup dengan sendirian dalam menjalani kehidupan, oleh karena itu alangkah baiknya jika kita mulai membangun hubungan interpersonal yang baik dan sehat dengan orang-orang disekitar kita.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*