Asesmen

1.ASESMEN PENDIDIKAN

Asesmen pendidikan merupakan proses sistematis dalam mengumpulkan data seorang siswa yang berfungsi untuk melihat kemampuan dan kesulitan yang dihadapi sebagai bahan untuk menentukan apa yang dibutuhkan. Berisi informasi untuk mengetahui gejala, intesitas, kendala-kendala yang dialami, serta kelemahan dan kekuatan seorang anak. Berdasarkan informasi tersebut guru dan orang tua dapat menyusun program pembelajaran yang bersifat realitstis sesuai kenyataan yang objektif. Asesmen dilakukan dengan menggunaan kombinasi metode tes, observasi, wawancara, dan angket.

  • Deteksi Dini Perkembangan Anak

Merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui perkembangan anak dalam segi motorik, bahasa, sosial, dan emosi.

  • Tes Kematangan Sekolah/ Kesiapan Masuk SD

Merupakan tes yang digunakan untuk anak jenjang TK yang dilihat kematangannya, sehingga dapat mengetahui layak atau tidaknya akan dimasukkan ke SD.

  • Tes Gaya Belajar

Merupakan tes untuk mengetahui cara atau gaya belajar anak, sehingga diharapkam mudah memahaminya.

  • Tes Potensi/ Minat & Bakat

Merupakan tes untuk mengetahui potensi anak dari segi bakat dan minat.

  • Tes Inteligensi

Merupakan tes yang digunakan untuk memetakan IQ anak yang sangat dibutuhkan dalam memantau perkembangannya.

  • Tes Kesukaran Belajar

Merupakan tes untuk mengetahui kesulitan yang menghambat dalam belajar dan memberikan saran untuk mengatasinya.

  • Tes Anak Berbakat (Gifted Children)

Merupakan tes untuk mengetahui bakat dan talenta anak, serta cara memaksimalkannya.

  • Tes Kepribadian

Merupakan tes yang digunakan untuk memetakan kepribadian anak secara lebih terperinci. Tes kepribadian sebagai aspek penting berikutnya dalam memantau perkembangannya.

  • Tes Penjurusan

Merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui potensi anak dalam memilih jurusan di SMA, seperti IPA dan IPS.

  • Dan Lain-lain Sesuai Kebutuhan Mitra

2.ASESMEN INDUSTRI & ORGANISASI

Organisasi/perusahaan layaknya makhluk hidup memerlukan nyawa agar dapat tetap hidup menjalankan produktivitas usahanya. Nyawa dari sebuah organisasi adalah modalitas manusia/human capital yang berkumpul dan bersenyawa menggerakkan aktivitas produktif di dalam perusahaan.

Organisasi seperti halnya manusia, mengalami kelahiran, pertumbuhan dan perkembangan dan akhirnya mengalami fase kedewasaan, dan bahkan juga mati. Seiring dengan proses tersebut, dukungan dan hambatan dari internal maupun eksternal senantiasa muncul. Salah satu faktor eksternal yang tidak dapat dihindari adalah persaingan.

Persaingan antar perusahaan semakin ketat. Hanya perusahaan yang segera tanggap terhadap perubahanlah yang dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Memperhatikan hal tersebut, setiap perusahaan harus segera melakukan langkah-langkah untuk mengembangkan organisasinya agar tetap dapat mempertahankan eksistensinya dan sekaligus memenangkan persaingan.

Program ini didisain untuk menilai perilaku manusia di organisasi, baik pada level individu, kelompok/team, maupun organisasi, baik yang bersifat formal (sistem-sistem yang ada di dalam organisasi maupun informal, yang sering disebut sebagai budaya organisasi). Setelah penilaian dilakukan secara komprehensif, berikutnya diberikan suatu rekomendasi intervensi yang sesuai dengan hasil penilaian tersebut, agar efektivitas kinerja organisasi dapat tercapai.

PPT Metamorfosa hadir sebagai pihak yang siap bersinergi dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam menentukan sumber daya manusia yang tepat untuk setiap posisi/the right man in the right place.

Produk yang dihasilkan dari program ini yaitu seleksi/rekrutmen dan potential review untuk staff, supervisor, manager, individu, maupun kolektif. Adapun level dari produk program ini yaitu:

  • Untuk level individu/ karyawan: profil kompetensi diri dan arah penggunaan dan atau pengembangannya.
  • Untuk level tim/kelompok: profil efektivitas tim/unit kerja dan rekomendasi intervensinya.
  • Untuk level organisasi: laporan asesmen organisasi yang berisi hasil asesmen secara rinci termasuk rekomendasi berbagai intervensi untuk perbaikan kinerja organisasi.

Tujuan yang ingin dicapai melalui program ini adalah sebagai berikut:

  • Level individu/karyawan

Untuk mengevaluasi Sumber Daya Manusia (SDM) di organisasi dalam hal kompetesi yang dimiliki (pengetahuan, kemampuan, kepribadian, pola kerja, perilaku yang relevan dengan bidang kerja, gaya kepemimpinan, dll) untuk berbagai keperluan Staffing (rekruitmen dan seleksi, promosi, mutasi, demosi, termasuk Potential Review SDM yang dapat memotret berbagai kekuatan dan kelemahan SDM yang selanjutnya dapat digunakan untuk berbagai kepentingan SDM, termasuk arah penggunaan dan pengembangannya).

  • Level Kelompok/Tim/Unit Kerja/Departemen

Untuk mengevaluasi berbagai aspek yang menjadi ciri sebuah tim yang efektif, mulai dari pemahaman visi/tujuan tim, kepercayaan di antara anggota tim, saling mendukung di antara anggota tim, keterbukaan, pengelolaan perbedaan, misal; jenis kelamin, komunikasi, baik berbicara maupun mendengar, kepemimpinan, penggunaan energi untuk bekerja, pengambilan keputusan/pemecahan masalah, pengelolaan konflik, penggunaan ketrampilan anggota tim, dan pencapaian tujuan kelompok.

3.ASSESMENT CENTER

Produk yang dihasilkan dari program ini yaitu:

  • Pengembangan Organisasi
  • Asesmen Efektivitas Kinerja Organisasi
  • Asesmen Budaya Organisasi
  • Dan Lain-lain Sesuai Kebutuhan Mitra