Jadilah Sarjana Muda yang Progresif dan Produktif

Lulus dari bangku perkuliahan bukanlah akhir dari segalanya. Justru jenjang karir dan kehidupan baru saja di mulai. Oleh karena itu tak jarang banyak dari lulusan-lulusan universitas atau perguruan tinggi yang masih bingung untuk memulai merintis karir nya dari mana. Bayak yang memulai dengan membuka usaha kecil-kecilan, kerja paruh waktu dan sebagainya, namun ada juga yang benar-benar kehilangan arah dan merasa bingung, atau mungkin mendapat tawaran kerja namun merasa tidak sesuai dengan passion nya, pekerjaan yang ditawarkan terlalu biasa-biasa saja dan sebagainya. Hal-hal seperti itu juga tak jarang terjadi, beberrapa lulusan universitas tertentu merasa gengsi ketika mendapatkan pekerjaan dengan pendapatan rendah, dan ingin sesuatu yang instan.

Namun taukah kamu, bahwa dalam merintis karir semua butuh proses dan perjuangan yang cukup panjang. Dibutuhkan kesabaran, kerja keras, keuletan, ketekunan serta doa dan ikhtiar keopada Tuhan sebagai pemilik segalanya. Dibawah ini beberapa hal yang dapat dilakukan setelah lulusa untuk memulai merintis karir :

  1. Terus memperbaharui CV

Setelah lulus kuliah, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memperbaiki atau melakukan update curriculum vitae. Isilah CV dengan kegiatan-kegiatan yang sudah pernah kita lakukan selama kuliah, seperti pengalaman organisasi, kursus keterampilan, atau kerja paruh waktu. Semakin berkualitas CV yang kita buat, maka akan semakin besar pula kemungkinan kita untuk diterima di perusahaan yang diinginkan. Apalagi menurut sebuah studi, rata-rata perekrut hanya menghabiskan waktu enam detik untuk melihat setiap CV. Maka dari itu, CV yang kita buat haruslah outstanding dan membuat perekrut tertarik untuk mempertimbangkan kita pada posisi yang dibutuhkan.

  1. Memperkuat passion mu

Apakah masih merasa kurang yakin dengan passion mu? Awal usia 20-an adalah waktu yang paling tepat untuk memperkuat passion yang kita miliki. Jika memang passion kita berbeda dengan jurusan saat kita kuliah, kita tidak perlu bingung apalagi menyesali pilihan. Banyak sekali orang yang dapat berhasil dan sukses dalam bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan background mereka saat di perguruan tinggi. Coba saja untuk mencoba berbagai bidang dan pekerjaan terlebih dulu hingga kita tahu mana yang paling pas dan kita minati sebelum memutuskan satu bidang yang akan kita geluti untuk karier ke depan.

  1. Memanfaatkan waktu luang dengan meningkatkan sklill

Meningkatkan skill tidak hanya dengan pendidikan formal saja, lho. Saat ini, sudah banyak situs di internet yang dapat membantu kita meningkatkan skill yang akan berguna di dunia profesional nantinya, atau mengikuti kelas-kelas trening yang meningkatkan kualitas diri, kursus atau kegiatan-kegiatan lain nya yang dapat bermanfaat dan membuat kita tetap produktif. Selain itu di era digital seperti ini, kita dapat dengan mudah belajar melalui video, audio, dan metode lain yang bisa meningkatkan skill kita di waktu luang.

  1. Memperbanyak koneksi

Koneksi yang banyak sangat penting untuk kesuksesan karier di dunia kerja. Jaga hubungan dengan teman-teman kampus ataupun dosen dengan baik. Selain itu, kita juga perlu berkumpul atau bergaul dengan orang-orang baru yang akan menambah koneksi kita. Menjalin hubungan dengan teman baru itu penting, karena melalui jalinan pertemanan yang luas akan memberikan kita berbagai macam pengalaman yang dapat kita pelajari dari teman-teman yang ada di sekita kita dan dapat bermanfaat untuk kita dalam merintis karir di dunia kerja.

  1. Tambah pengalaman dengan magang sesuai dengan passion

Menyandang status fresh graduate dapat menjadi beban tersendiri bila kita tidak kunjung mendapat kerja, karena mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, magang dapat menjadi solusi terbaik yang dapat kita coba agar bisa menambah pengalaman di dunia kerja. Selain untuk mengisi waktu luang dan tes mental, kita juga bisa menambah penghasilan dari program magang tersebut, sehingga kita jadi bisa mendapatkan penghasilan sekaligus belajar menjadi lebih mandiri dan profesional.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan lulusan perguruan tinggi atau universitas yang masih bingung dalam merintis karir. Tetaplah produktif berkarya, dan bermanfaat bagi orang lain dengan passion dan ilmu yang kita miliki. Jika masih merasa bingung dengan passion yang di miliki, bisa mengunjungi biro psikologi terdekat, atau kunjungi pusat psikologi terapan metamorfosa, menyediakan layanan konseling dalam perencanaan karir dan tes psikologi seperti tes minat dan bakat agar mengetahui potensi yang ada dalam diri. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top