Apa itu Forgiveness Therapy ?

Event

Kehidupan kita saat ini tidak terlepas dari rentetan peristiwa yang tak dapat dihindari, Adakalanya seseorang merasakan peristiwa yang menyakitkan dalam hidup dan terlalu terikat pada pada peristiwa tersebut. Sehingga, sulit untuk melepaskan emosi negatif. Jika hal tersebut terus menerus terjadi tentunya akan menjadi masalah bagi kesehatan mental kita. Ada beberapa cara untuk mengobati sekaligus melepaskan emosi negatif yang terjadi oleh peristiwa menyakitkan tersebut, yaitu memaafkan. Memaafkan menuntut kita untuk membuka luka yang dirasakan dari pengalaman sebelumnya untuk kita terima dengan baik.

Jika kita membicarakan tentang memaafkan berarti kita juga sekaligus membicarakan tentang mengelola dan mengeksplorasi sakit hati, karena memaafkan adalah bagian yang tak bisa dipisahkan dari reduksi dan rekonstruksi sakit hati. Pemaafan atau memaafkan menjadi salah satu teknik psikoterapi yang dapat kita praktekkan. Forgiveness therapy merupakan usaha membangkitkan keinginan seseorang untuk memaafkan dengan menyadari bahwa proses pemaafan itu terjadi bukan secara tiba-tiba, melainkan melalui proses yang diusahakan. Selain hal tersebut kita juga bisa mendapat manfaat dari forgiveness therapy, antara lain:

  1. Membantu mengontrol pikiran negatif menjadi lebih positif
  2. Meningkatkan spiritualitas
  3. Mempererat hubungan antar individu
  4. Meningkatkan motivasi untuk melindungi diri sendiri
  5. Dapat menyusun kembali prioritas dalam hidup

Memperhatikan hal tersebut Pusat Psikologi Terapan (PPT) Metamorfosa akan mengadakan seminar dan praktik tentang forgiveness therapy tersebut. Acara ini diisi oleh Ibunda Pihasniwati, M. A., Psikolog, seorang praktisi di bidang Psikologi yang telah berpengalaman selama 20 tahun dalam dunia konseling dan psikoterapi. Selain diisi oleh Ibunda Pihasniwati, M. A., Psikolog ada juga Dr. H. Fuad Nashori, Psikolog yang juga merupakan praktisi dibidang psikologi dan pendiri Asosiasi Psikologi Islam. Acara tersebut akan dilaksanakan pada tanggal Sabtu, 3 April 2021 pukul 08.00-12.00 WIB melalui Zoom Meeting Apps. Jika berminat dalam mengikuti seminar dan praktik Forgiveness Therapy in Islamic Psychology Perspective dapat menghubungi 0877-3485-5666 atau melalui bit.ly/forgivenesstherapy. Mari kita menjalani hidup dengan hati yang tenang  dengan memaafkan apa yang telah kita lalui selama ini.

Sumber Referensi

Firmansyah, O. B., Bashori, K., & Hayati, E. N. (2019). Pengaruh Pemaafan dengan Dzikir untuk Meningkatkan Penerimaan Diri pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Psikologi Islam, 13-23.

Samuel, E. H. (2016). Terapi Pemaafan Melalui Playback Theater untuk Mengurangi Sakit Hati. Psikodimensia, 1-23.

 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*