Bahagia Dengan Sedekah

Manusia merupakan makhluk sosial, yang berarti manusia membutuhkan manusia yang lain untuk saling membantu. Manusia saling bantu membantu dari segala aspek antara lain materil dan non materil, Materil dapat kita ibaratkan adalah bantuan dalam bentuk uang dan barang. ketika manusia saling memberi itu bisa disebut dengan sedekah, sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik. Dalam sebuah hadis digambarkan, “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah.”

Bersedekah dapat bermanfaat bagi orang lain, bersedekah dapat sama-sama meningkatkan kebahagaian sesama manusia, bagi orang yang bersedekah menurut penelitian bersedekah dapat meningkatkan kebahagiaan dalam diri orang tersebut karena keihklasan pada orang memberi tersebut dalam mengalihkan sebagian hartanya, karena kunci dari kebahagiaan dalam sedekah adalah ketika seseorang ikhlas dalam merelakan sebagian harta nya. sedangkan orang yang menerima sedekah juga terbantu dengan sedekah yang diberikan, dari dua hal diatas ada hubungan kebahagiaan untuk dalam diri kita karena menurut National Health Service Choices, seseorang yang memberikan bantuan-kecil maupun besar-kepada orang lain akan merasa gembira dan lebih puas pada kehidupannya. Penelitian Michael Norton dkk. dari Harvard Business School menemukan kaitan antara membantu secara materi kepada seseorang. Partisipan akan lebih bahagia ketika membantu orang lain dibandingkan ketika mereka menghabiskan uang tersebut sendiri.

Sehingga tentunya ketika kita saling bersedekah kita dapat meningkatkan kualitas jiwa yang baik karena akan merasakan efek ketenangan, kebahagiaan, merasa gembira pada kehidupannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top