Bahagia Itu Sederhana

Shinta Putri Megawati, S.Psi

Pusat Psikologi Terapan Metamorfosa

Jl. Parangtritis Km.9 Bantul, Yogyakarta, 55186

Bahagia itu Sederhana

Kebahagiaan adalah salah satu aspek kehidupan yang paling dicari dan ingin diraih oleh seseorang. Bahagia merupakan emosi positif yang diperoleh dari aktifitas-aktifitas yang positif pula. Namun kondisi masyarakat saat ini, tampaknya sudah mengalami pergeseran persepsi mengenai bahagia.  Beberapa orang mengira bahwa kebahagiaan itu dapat diraih saat memiliki jabatan dan berlimpah harta benda.

Hal di atas ada benarnya juga, namun itu bukan mutlak satu-satunya yang mampu menghadirkan kebahagiaan. Bahkan tak jarang ada pula orang yang serba kecukupan ia belum bahagia, terbukti dengan maraknya kasus korupsi di kalangan ‘atas’. Orang-orang yang tampaknya sudah ‘mapan’, ternyata masih merasa kurang dan kurang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk merumuskan bersama apa itu yang dimaksud dengan bahagia dan bagaimana cara untuk meraihnya.

Ternyata bahagia itu bersumber dari hati dan dimulai dari diri sendiri. Ada beberapa cara untuk hidup bahagia, diantaranya yaitu menikmati hidup, memiliki semangat menebar manfaat dan terlibat dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan. Seseorang yang mampu menghayati setiap aktifitas yang sedang dilakukan, maka ia akan mampu mengambil makna dalam keseharian.

Selain itu, orang yang berbahagia bukan berarti tidak pernah mengalami penderitaan. Pribadi yang memiliki resiliensi-lah yang mampu bangkit meski dalam kondisi yang pahit. Resiliensi yaitu kemampuan seseorang untuk mengatasi dan meningkatkan diri dari keterpurukan, dengan memberi respon secara adaptif dan produktif, sehingga mampu mengatasi masalah sehari-hari.

Dengan demikian, kebahagiaan adalah hak setiap orang tanpa memandang strata ekonomi, strata pendidikan maupun strata sosial seseorang. Setiap orang berhak merasakan kebahagiaan, dan sumber dari rasa bahagia yaitu mensyukuri setiap karunia yang Tuhan berikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top