BEKERJA SESUAI PASSION, PENTINGKAH ?

Memiliki pekerjaan tetap dan menjadi mapan merupakan dambaan semua individu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Setelah kita selesai dari tahap ‘sekolah’ baik Sekolah Menengah Atas ataupun Perguruan Tinggi, kita dihadapkan pada fase pencarian jati diri dan proses aktualisasi diri dimana kita merasa harus mempunyai peran dalam kehidupan sosial. Salah satu usaha menemukan peran sosial dalam proses aktualisasi diri adalah dengan memiliki pekerjaan.Pada proses perkembangan sebagai individu sejak lahir hingga dewasa, kita dihadapkan pada pengalaman-pengalaman yang berpengaruh pada pembentukan kepribadian kita. Kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, mengetahui potensi diri, kita juga dapat menemukan hal-hal yang kita sukai, merasa enjoy jika disibukkan dengan hal tersebut, berusaha mengembangkan hal yang kita sukai tersebut sehingga menjadi suatu keahlian tertentu, itulah passion.

Dalam menentukan pekerjaan, seringkali kita mempunyai rencana untuk bekerja di suatu bidang pekerjaan sesuai passion yang kita miliki. Kita merasa bekerja sesuai passion adalah rezeki tak terhingga karena kita berada di tempat yang tepat untuk mengembangkan potensi diri. Sesulit apapun pekerjaan tersebut bahkan meski upah yang dibayarkan untuk pekerjaan atas nama passion kecil, hal tersebut tidak menjadi masalah. Karena hasrat atau kepuasan hati telah terpenuhi apabila pekerjaan yang dikerjakan adalah passion dan kemudian di apresiasi.

Terkadang rencana tidak sesuai dengan realita. Memiliki pekerjaan sesuai passion hanya menjadi sebuah keinginan belaka ketika pada kenyataannya perusahaan yang banyak membuka lowongan pekerjaan justru perusahaan di bidang pekerjaan yang tidak kita sukai, atau upah pada bidang pekerjaan yang sesuai passion lebih sedikit daripada bidang pekerjaan lainnya. Sehingga, kita lebih mengabaikan passion agar segera mempunyai pekerjaan dengan upah tinggi. Padahal, banyak manfaat yang kita peroleh apabila bekerja sesuai passion, diantaranya :

  • Menjadi lebih produktif

Tidak dipungkiri bahwa mengerjakan suatu hal yang kita sukai akan membuat lebih produktif. Karena yang dilakukan adalah hal yang disukai sehingga merasa tidak ada beban. Selalu ada stimulus energi baru untuk berkarya. Selalu muncul ide-ide baru yang membuat kita semakin bersemangat mengeksplorasi passion.

  • Mengurangi stres

Karena kita menjalankan pekerjaan sesuai passion, kita akan mencintai pekerjaan setiap saat. Tidak ada keterpaksaan dalam menjalankan pekerjaan jika kita bekerja sesuai passion, sehingga kita tidak akan mengalami stress.

  • Menciptakan ‘flow’ dalam diri

Secara ilmiah, banyak sekali yang membuktikan bahwa apabila kita bekerja dengan passion, maka diri kita akan bekerja dalam ‘flow’ atau ada dalam kondisi penuh semangat, antusias, dan terlibat secara mendalam di pekerjaan tersebut. Salah satu ciri yang paling mudah untuk mengetahui apakah kita berada dalam ‘flow’ saat bekerja adalah waktu terasa berlalu begitu cepat karena kita sedang dalam in-zone, menikmati betul apa yang kita kerjakan, sehingga waktu pun menjadi lebih cepat berlalu.

  • Bahagia

Kita menjadi pribadi yang lebih bersemangat dan positif. Semangat positif tersebut tumbuh dalam berkarya, terlebih saat karya kita diapresiasi. Maka  perasaan bahagia akan semakin terasa. Kita akan merasa bahagia dan senang saat semua isi otak dapat dikaryakan. Kita bahagia karena kita dapat bermanfaat melalui karya dan yang paling penting apa yang kita lakukan adalah hal yang kita sukai. Dal hal ini adalah passion.

Itulah keuntungan bekerja sesuai passion yang kita dapatkan. Kita dapat semakin menggali potensi dan dapat mengaktualisasikan diri dalam berkarya. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk bekerja sesuai passion

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top