Berani Bilang ‘TIDAK’

Apakah kamu merupakan seorang yang perasa dan cenderung mengedepankan perasaan “gak enak” untuk menolak permintaan orang lain? Terlebih di budaya Jawa yang mayoritas masyarakatnya masih “pekewuh” ketika menolak sesuatu. Memang merupakan hal yang tidak mudah untuk mengatakan “tidak”, apalagi jika sudah diminta oleh orang lain. Padahal, di sisi lain kamu pun juga harus memikirkan rasa lelah, waktu, dan pikiran yang harus tercurahkan setiap kali melakukan sesuatu.

Oleh sebab itu, jangan sampai kamu dibuat pusing oleh hal yang sebenarnya tidak masuk ke dalam kewajiban. Hal-hal yang sebenarnya akan menjadikan hidupmu jadi susah sendiri, maka dari itu, kamu harus berani bilang “tidak”, ketika berani bilang “tidak” ada beberapa kemudahan yang akan kamu dapat, seperti:

  • Memiliki batas kapasitas tenaga maksimum

Selalu bilang “iya” pada saat orang lain memintamu melakukan sesuatu akan membuat kamu mau tidak mau harus menyediakan kapasitas demi hal tersebut. Namun ingatlah bahwa kamu memiliki batas kapasitas maksimum tenaga dan waktu. Jangan sampai kamu malah merepotkan diri sendiri. Mengerjakan tugas orang lain saat mereka minta bantuan memang tidak ada salahnya, tapi jika hal tersebut dilakukan setiap hari dan jadi kebiasaan, apakah kamu bersedia untuk mengorbankan tenaga juga waktu? Beranilah untuk bilang “tidak” ketika kamu merasa tenaga juga waktu yang dimiliki berada pada kapasitas yang minimum.

  • Berani bilang ‘Tidak”, tidak menurunkan kualitas dirimu

Sebenarnya bukan hanya dalam urusan diminta bantuan dalam konteks pekerjaan, atau hal sejenisnya saja, tetapi cobalah untuk juga berani mengatakan “tidak” pada hal-hal yang biasa. Misalnya temanmu mengajak traveling, tapi kamu terkendala budget yang ada, maka jangan ragu untuk bilang “Tidak”. Mungkin kamu akan khawatir menjadi kurang dianggap oleh teman-teman se-gank dan tidak diajak lagi oleh mereka, tapi percayalah bahwa berani mengatakan “tidak” bukan berarti menurunkan kualitas di dalam dirimu. Kamu tetap bisa menjadi bagian dari mereka, entah itu dengan ikut traveling atau tidak.

  • Bilang “Tidak” dapat juga menunjukkan kedewasaanmu

Saat orang lain memintamu untuk melakukan sebuah hal, tapi kamu berani bilang “tidak”  dan menolaknya karena pertimbangan yang baik, sebenarnya itu menunjukkan sisi kedewasaan. Kamu secara tidak langsung menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang terstruktur, terencana, dan juga bisa memutuskan pilihan.

  • Dapat lebih fokus pada tujuan utamamu

Setiap orang memiliki tujuan, memikirkan tujuan sendiri bukan berarti kamu jadi orang yang selfish (egois). Kamu hanya perlu memperhatikan momen-momen yang tepat setiap kali ingin menerima permintaan orang lain. Menumpuk banyak kewajiban dikhawatirkan akan membuatmu tidak menyelesaikan satu pekerjaanpun, jadi beranilah bilang “tidak” ketika kamu merasa masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan

  • Lebih banyak kesempatan mengatakan “Ya”

Keika kamu menolak untuk melakukan sesuatu, sebenarnya kamu jadi lebih punya banyak kesempatan untuk mengatakan “ya” pada hal-hal yang lebih penting dan perlu diprioritaskan.

 

Source: Nurmaliana. (2017). Berani Bilang “Tidak” Bikin Hidupmu Jadi Lebih Mudah. Ini Dia 5 Alasan Pentingnya! https://www.rimma.co/50289/inspiration/berani-bilang-tidak-bikin-hidupmu-jadi-lebih-mudah-ini-dia-5-alasan-pentingnya/

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top