Bersyukur, Resep Kesehatan Jiwa

Dewasa ini kemajuan dari segala bidang kehidupan menjadikan manusia sebagai makhluk modern yang ingin serba cepat dan mudah. Manusia selalu mengutamakan urusan dunia , seperti harta, kemewahan, kekuasaan dan lain sebagainya. Sehingga manusia selalu resah dan gelisah mengenai yang sudah dimilikinya maupun yang tidak dimilikinya. Serta menjadikan manusia mengalami “kehampaan eksistensial” yang selalu merasa kurang puas dengan apa yang sudah dicapai dan didapatkan. ada perasaan ketidakpuasan dan ada keinginan untuk selalu memenuhi hasrat dan kebutuhannya. Kondisi seperti ini yang kadang kala menjadikan manusia jauh dari cahaya ilahi dan kehilangan nilai-nilai spiritual sebagai landasan untuk mengontrol hasrat dan keinginan manusia. Sehingga bersyukur merupakan salah satu kunci untuk mengontrol keinginan dan hasrat manusia.

Mengapa kita harus bersyukur? Dalam pandangan psikologi positif, bersyukur  (gratitude) menitik beratkan bagaimana manusia mengungkapkan pujian atau terimakasih atas penghargaan hidup yang diperoleh serta mengungkapkan rasa syukur kepada dirinya sendiri maupun kepada orang lain. Individu yang memiliki rasa syukur akan senantiasa mengambil hal-hal positif dari kebaikan yang diperoleh dari Tuhan maupun orang lain. Perilaku rasa syukur dalam psikologi positif memiliki efek positif terhadap kebahagiaan, kepuasan hidup, vitalitas, optimisme dan tidak mudah menyerah dalam kondisi apapun. Bersyukur mampu memperkaya rasa bahagia dalam tingkatan yang lebih tinggi dan menghilangkan kesedihan yang dialami manusia. Kebahagiaan yang dicapai manusia ini dapat menjadikan kesejahteraan psikologis atau psychological well-being yang baik pada manusia

Manfaat yang diperoleh jika kita bersyukur adalah, pertama, Tuhan akan menambah nikmat kita. Rasa syukur yang kita panjatkan kepada Tuhan tidak akan mengurangi rezeki yang telah Tuhan berikan. Tuhan telah menjanjikan kepada orang-orang yang bersyukur atas nikmat-Nya yaitu akan diberikan tambahan nikmat. Kedua, syukur merupakan salah satu sifat terpuji. Tuhan menyukai manusia yang tidak lupa atas apa yang sudah diberikan seperti kesehatan, harta, kekayaan dan kenikmatan lain yang dirasakan manusia. Bersyukur juga merupakan salah satu jalan spiritual untuk lebih dekat dengan Tuhan. Rasa syukur dapat diaplikasikan di dunia yang serba modern yang telah dipenuhi dengan berbagai kenikmatan duniawi yang tidak terbatas. Ketiga, kita dapat menghargai diri kita sendiri dan orang lain. Bersyukur merupakan bentuk apresiasi terhadap nilai kebaikan yang telah diri sendiri lakukan atau orang lain lakukan. Keempat, nikmat Tuhan tidak terhingga. Nikmat yang Tuhan berikan kepada manusia tidak terbatas jumlahnya. Begitu banyaknya nikmat tersebut, Tuhan memperingatkan kita untuk selalu bersyukur baik dalam keadaan senang maupun sedih. Jadi, yuk lebih banyak bersyukur mulai saat ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top