Insecure Mempengaruhi Kesehatan Mental

Artikel

Insecure mempengaruhi kesehatan mental

Pernah nggak sih sobat Meta mendengar kata-kata insecure? Sebenarnya insecure itu apa sih? Pernah merasa tidak percaya diri karena melihat teman-teman atau orang lain terlihat lebih sempurna? Terus apa yang harus kita lakukan ketika merasa tidak percaya diri?

Daripada penasaran, ayo kita bahas bersama…

Insecure merupakan rasa ketidaknyamanan yang diciptakan oleh diri sendiri akibat dari rendahnya rasa percaya diri (inferiority), takut dan cemas. Perasaan insecure sendiri bisa timbul karena adanya rasa khawatir terhadap pemikiran orang lain tentang kita, tidak ingin mengecewakan orang lain, mencoba untuk memenuhi harapan atau standar untuk menjadi sempurna yang berkembang dilingkungan, dan  rasa kurang percaya diri ketika melihat kehidupan orang lain yang terlihat lebih sempurna dari segi penampilan, bentuk tubuh, bahkan kemampuannya. Apabila perasaan insecure ini terjadi secara terus menerus dan tidak dikomunikasikan atau tidak diatasi dengan baik dapat membahayakan kesehatan mental. 

Terus apa sih yang harus kita lakukan ketika merasa insecure?

  1. Mencoba untuk menerima kekurangan diri

Untuk menemukan ketenangan pikiran dan terhindar dari insecure, cobalah untuk menerima kekurangan dan kelebihan dalam diri, ingatlah bahwa Tuhan sudah menciptakan kita dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan yang perlu kita lakukan hanya bersyukur dan terus mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita agar menjadi manusia yang lebih baik lagi.

  1. Mencoba untuk memperhatikan diri sendiri atau mengasihi diri sendiri

Ketika kita merasakan insecure kita sering melakukan self-talk negatif, yang dapat berdampak pada kesehatan mental kita. Cobalah untuk menghindari self-talk negatif dengan memotivasi diri agar lebih berkembang, dan cobalah untuk memuji diri kita atas usaha yang sudah kita lakukan.

  1. Mencoba untuk menjaga kesehatan fisik

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan harga diri. Menjaga pola tidur agar berkualitas, makan makanan seimbang,berjalan-jalan atau menari merupakan bagian dalam menjaga kesehatan fisik kita sehingga berdampak pada kehidupan sehari-hari seperti membantu meningkatkan mood, kepercayaan diri kita dan mencegah rasa insecure.

  1. Mencoba untuk mengembangkan social skill

Terkadang perasaan insecure dapat timbul karena tidak tau bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Kita dapat mengembangkan social skill dengan mengadakan kontak mata atau komunikasi verbal. Perlu banyak latihan untuk merasa percaya diri dan nyaman saat berinteraksi maupun berada disekitar orang lain.

  1. Mencari bantuan dari terapis untuk membuat pandangan yang berbeda

Walaupun melakukan hal-hal seperti belajar menerima perbedaan kita dan mengasihi diri sendiri dapat membantu, terkadang kita membutuhkan perspektif dan dukungan dari luar. Terapis dapat memberi wawasan dan membantu kita untuk mencerna perasaan insecure dan menemukan sumbernya. Seringkali, menghadapi akar masalah adalah cara paling efektif untuk mengatasi perasaan insecure.

Nah sekarang kita jadi memahami tentang insecure. Sobat meta tau gak dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat serta arus informasi yang berlimpah ditambah adanya media social kita jadi mudah untuk mengakses dunia luar tanpa harus melihat secara langsung. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk kita merasakan insecure. Tapi dengan luasnya informasi yang kita peroleh secara tidak langsung selama ini kita selalu diingatkan Tuhan untuk mengatasi rasa insecure dengan bersyukur atas semua pemberian dan nikmat yang telah di berikan Tuhan. Sobat Meta juga harus ingat bahwa apa yang diberikan Tuhan itu yang terbaik bagi semua hamba-Nya. So, melangkahlah dengan penuh percaya diri dengan terus menabung rasa syukur..

 

Referensi

Mardiana, N., Yosep, I., & Widianti, E. (2021). Fenomena Insecure Pada Remaja Di Era Pandemic Covid-19: Studi Literature. Jurnal Ilmu Kesehatan UMC, 10(2), 21-29.

Valentina, A., Putri, G. L., Valiani, V., & Putri, O. H. (2022). Id STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL EDUKASI INSECURITY SEBAGAI DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA REMAJA PEREMPUAN. Jurnal Bahasa Rupa, 5(2), 237-245.

https://psychcentral.com/lib/envy-jealousy-and-shame#next-steps

https://psychcentral.com/blog/imperfect/2016/09/how-to-overcome-feeling-insecure-and-needy-in-your-relationships#Instead-of-seeking-validation-from-others,-reassure-yourself

https://psychcentral.com/health/signs-insecurity-coping-tips#recap

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/peaceful-parenting/201810/beautifully-insecure

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/compassion-matters/202008/are-you-feeling-insecure

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*