Kebahagiaan, Sumber Kesehatan Mental

                Siapa yang tidak mendambakan kebahagiaan dalam hidupnya? kita sebagai manusia tentu sangat menginginkannya. Tidak dipungkiri bahwa kebahagiaan merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia. Kebahagiaan merupakan sebuah keadaan psikologis yang positif di mana seseorang itu mempunyai emosi positif berupa kepuasan hidup, pikiran, dan perasaan positif mengenai kehidupan yang dijalaninya.

                Kebahagiaan dapat ditandai dengan adanya kondisi psikologis yang positif dan tingkat emosi negatif yang rendah. Kita dapat menciptakan sebuah kebahagiaan untuk diri kita sendiri dengan berbagai cara. Akan tetapi, kebahagiaan juga bersifat sementara atau tidak bisa jika berlangsung terus menerus. Hal tersebut yang membuat kita selalu mempunyai cara untuk  mendapatkan sebuah kebahagiaan di hidup kita.

Berikut beberapa cara untuk membantu seseorang  bisa mencapai kebahagiaan yang sebenarnya:

  1. Rasa syukur dan pengetahuan

                Kebahagiaan dalam hidup dapat dicapai melalui rasa syukur kita terhadap apa yang sedang kita jalani sekarang. Kemudian, sebuah pengetahuan dapat menjadi pondasi dalam menumbuhkan keingintahuan untuk mempelajari dan mengenali diri kita. Dengan mengetahui diri kita, kita akan menjadi versi terbaik dari diri kita. Setelah kita nyaman dengan diri kita, kebahagiaan akan kita dapatkan dari sekitar kita.

  1. Semangat dan gairah

                Kita seringkali dihadapkan pada sebuah tantangan dalam kehidupan kita. Namun, keberanian, semangat, dan ketekunan bisa membuat kita melewati hal itu dan menciptakan sebuah kebahagiaan. Orang-orang yang merasakan kebahagiaan bukan berarti tidak merasakan kesulitan di kehidupannya. Mereka dengan tangguh menghadapi dan melewati hal itu agar hasil yang dicapai juga memuaskan.

  1. Kemanusiaan dan cinta

                Kebahagiaan tidak lepas dari orang-orang yang ada di sekitar kita. Kita sebagai manusia harus berusaha menciptakan hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitar. Jangan ragu untuk selalu menebarkan sebuah kebaikan walaupun hanya sederhana, seperti tersenyum atau menyapa tetangga kita. Selain itu, mencintai diri sendiri juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan. Mencintai dan merawat diri  seutuhnya bisa menjadi sumber kebahagiaan kita. Karena kebahagiaan bisa muncul dari mana saja.

  1. Tempramen

                Kebahagiaan dapat dicapai apabila kita mampu mengekspresikan emosi kita dengan baik. Kebahagiaan mempunyai kaitan erat dengan kontrol diri yang baik. Ini mengartikan bahwa ketika kita melakukan sesuatu baiknya dipikirkan dengan baik agar kita tidak menyesalinya di kemudian hari. Mengontrol diri bukan perkara yang mudah, tetapi, jika kita berusaha maka hal itu bisa dilakukan.

 

                Kebahagiaan sebenarnya bisa kita upayakan dengan usaha yang baik dan benar. Kita sadar bahwa upaya tersebut bukan hal yang mudah, tetapi juga bukan tidak mungkin untuk melakukannya. Kita bisa memulai dengan cara belajar untuk bersyukur banyak hal di hidup kita. Mengapresiasi yang sudah kita miliki dan selalu optimis bahwa kita semua layak bahagia.

 

Referensi:

Grimaldy, D.V. 2017. Efektivitas jurnal kebahagiaan dalam meningkatkan self esteem pada anak jalanan. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi. 100-110

Eriyanda, D., Khairani, M. 2018. Kebersyukuran dan kebahagiaan pada wanita yang bercerai di Aceh. PSIKODIMENSIA. 189-197.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top