KENALI PERASAAN GELISAH

 

Tuhan semesta alamlah pemilik kehidupan. Tidak ada manusia yang selalu berhasil meraih keinginannya. Hari ini bersorak merayakan kesuksesan, esok lusa bisa jadi menangis meratapi kegagalan. Saat ini bertemu, tidak lama kemudian berpisah. Detik ini bangga dengan apa yang dimilikinya, detik berikutnya sedih karena kehilangannya. Maka, apapun yang sedang dilalui pada detik ini, belajarlah untuk ikhlas dan tenangkan hati.
            Hati adalah salah satu anugerah Allah swt yang tidak ternilai harganya bagi manusia. Dengan hati, manusia dapat merasakan suka, duka, bahagia, derita, kecewa, bangga, dan lain-lain. Dengan hati, manusia dapat meraba persaan orang lain. Hati pada dasarnya diciptakan  oleh Allah swt bersih dari berbagai macam penyakit. Namun, seiring kehidupan  dan kian menua dalam rimba kehidupan, perlahan hati pun mulai terpengaruh, terkotori, dan akhirnya menjadi tempat berbagai macam penyakit, yang salah satunya adalah penyakit gelisah. Gelisah banyak terjadi pada manusia, baik orang tua maupun para generasi muda.

            Gelisah merupakan salah satu  penyakit hati. Gelisah memberikan berbagai efek negatif dalam kehidupan seseorang. Karena gelisah, seseorang dapat terjerumus kepada pelarian yang tidak semestinya, seperti malas belajar dan sekolah, malas bekerja,  minum minuman yang memabukkan dan menggunakan obat-obatan terlarang (miras), terjerumus pada seks bebas, terdampar dalam dunia diskotik  yang penuh dengan maksiat, dan berbagai sarana pelarian lainnya yang mengandung unsur-unsur  kurang baik.

Ciri-ciri mengalami kegelisahan

  1. Pada Fisik : perut terasa mual, mencret, masalah pencernaan, pusing, kedua tangan bergetar.
  2. Pada Mental : gampang tersinggung, kurang percaya diri, ragu-ragu dalam mengambil keputusan, mudah terprovokasi, merasa lemah dan gagal
  3. Pikiran : pelupa, linglung, tidak sabar, sering berubah pikiran

Cara Menghindari Kegelisahan:

1. Hadapi saja hari yang sedang dijalani saat ini dan jangan risau dengan hari-hari yang akan datang.

2.Tanyalah pada diri anda. Berusaha meyakinkan diri sendri bahwa Anda sanggup menghadapinya dan takkan menyerah padanya.(Apabila mendapat musibah atau putus cinta).

3.Ingat dampak terbesar mengambil keputusan.

Ingatalah dirimu saat mengambil keputusan yang akan anda terima, jika engkau memperturutkan kegelisahan yang datang menimpamu. Hasilnya akan kurang baik bagi anda

4. Menanamkan rasa syukur. Ucapkan terima kasih pada hal-hal kecil yang mengelilingi Anda, yang mungkin telah terabaikan. Bersyukurlah karena sehat secara fisik, atau memiliki orang-orang yang mencintai Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top