Kunci Mengelola Stres

Siapa di antara kalian yang belum pernah mengalami stres? Pasti sebagian besar sudah pernah ya? Semua orang pasti tidak luput dari yang namanya stres. Entah itu karena masalah besar atau bahkan masalah kecil yang berlarut-larut tidak kunjung selesai.

Di situasi pandemi yang mengharuskan kita untuk tetap tinggal di rumah dalam jangka waktu yang tidak sebentar ini dapat semakin menambah munculnya stres. Stres sebenarnya adalah suatu hal yang wajar di kehidupan kita, karena stres adalah respon otak dan tubuh terhadap setiap perubahan yang terjadi di kehidupan kita.

Tetapi stres juga berbahaya kalau dibiarkan terus-menerus karena bisa membuat kita tidak produktif dan dapat memicu gangguan mental. Lalu, biasanya kegiatan apa yang kalian lakukan ketika kalian lagi stres? Jika dengan melakukan kegiatan itu bisa menaikkan mood dan mengurangi stres kalian, maka lanjutkan karena itu bagus.

Kemudian apa saja ya kunci mengelola stres?

1. Cari tahu cara mengurangi stres di tempat kerja

Kalau stres kita ini bersumber dari pekerjaan, kita bisa mencoba untuk ganti pekerjaan sesuai passion kita, atau juga bisa melakukan negosiasi untuk ganti tim kerja atau atasan jika hal itu memberatkan kita. Kita juga dapat mempertimbangkan untuk mengambil cuti atau liburan di akhir pekan. Explore pilihan apapun yang menurut kita nyaman.

2. Explore cara mengurangi stres di rumah

Di masa pandemi seperti ini berada di rumah juga tidak jarang malah membuat kita stres. Saat wfh kita harus bekerja untuk kantor namun juga dituntut untuk tetap mengerjakan pekerjaan rumah. Jam istirahat pun akan menjadi korban bagi mereka yang tidak bisa mengatur waktu sehingga tidak jarang membuat mereka stres. Kita bisa coba untuk cari cara mengatasi stres di rumah, bisa dengan menonton film, berjalan-jalan keliling kompleks, memasak masakan kesukaan, olahraga atau membaca buku.

3. Eksplor cara mengurangi stres mental

Kalau kita belum menemukan jawabannya padahal kita sudah mencoba mencari tahu apa yang membuat kita stres, kita dapat mencoba untuk melihat secara jujur nilai perspektif dan keyakinan kita tentang kehidupan. Kita bisa coba untuk lebih penyayang, cooperative, perhatian dengan orang lain, ramah, positif dan baik hati. Stres akan berkurang jika kita relatif terbuka dan fleksibel. Pastinya, stres akan berkurang saat kita bahagia atau merasa senang.

4. Lakukan pendekatan sehat untuk mengurangi stres

Kebanyakan orang cenderung lebih mudah melewati masa stres mereka jika fisiknya sehat. Kita bisa mencoba untuk melakukan contoh-contoh ini :

• Diet sehat atau bisa diartikan dengan makan makanan bergizi atau melakukan diet Mediterania. Kita dapat mengonsumsi banyak buah dan sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun dan ikan. Diet ini menganjurkan kita agar terhindar dari kelebihan gula, soda, makanan olahan biji-bijian, olahan lemak trans dan daging olahan.

• Olahraga, karena olahraga baik untuk meningkatkan hormon serotonin yang membuat kita lebih merasa bahagia. Sehingga dapat sangat membantu kita untuk menghilangkan stres.

• Tidur yang cukup. Setiap malam kita dianjurkan untuk tidur 7 – 8 jam. Tetapi tetap akan bergantung menurut jenis kelamin, usia, intensitas aktivitas fisik dan kebiasaan. Coba untuk lebih mendengarkan tubuh kita, jika sudah merasa lelah maka tidurlah.

• Beristirahatlah dari teknologi. Melihat dunia digital adalah salah satu pemicu stres paling umum. Pancaran cahaya dari layar HP atau laptop juga akan menimbulkan ketegangan mata dan sakit kepala.

• Bersosialisasi. Terkadang kita lupa kalau kita hidup di dunia nyata karena terlalu banyak berselancar di dunia maya. Ingatlah untuk bertemu dengan temanmu di dunia nyata. Bersosialisasi juga efektif agar kita menceritakan keluh kesah dan meminta saran mereka ketika kita sedang ada masalah

5. Pelajari teknik relaksasi untuk mengurangi stres.

Ada beberapa teknik yang bisa kita lakukan, antara lain :

• Menarik napas dalam-dalam

• Mendengarkan musik yang menenangkan ketika bekerja dan bersantai

• Latihan meditasi. Kita bisa mulai dengan menutup mata sambil menarik nafas dalam-dalam.

• Hitung napas kita saat menghembuskan napas secara perlahan untuk membantu menenangkan pikiran yang gelisah.

• Mandi air panas atau berendam di bak mandi air panas. Air panas memberikan tubuh kita sensasi yang menyenangkan dan juga dapat melemaskan otot

• Lakukan hal kreatif yang kita sukai. Seperti menari, menyanyi, melukis, berkebun dan lain-lain.

Referensi :

Stoler, Diane Robert. (2020). Are You Stress Out? Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-resilient-brain/202006/are-you-stressed-out

David, Tchiki. (2020). How to Relieve, Manage,and Overcome Stress. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/click-here-happiness/202001/how-relieve-manage-and-overcome-stress

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top