Makna Berharga di balik ‘Membaca’

Penulis: Shinta Putri Megawati, S.Psi

Pusat Psikologi Terapan Metamorfosa, Jln. Parangtritis Km 09, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta 55186

MEMBACA adalah aktifitas paling mengasyikan bagi beberapa orang. Meskipun begitu, pembaca perlu membaca secara aktif, sehingga tak hanya menerima informasi secara mentah-mentah. Pembaca harus menganalisa setiap informasi yang diperoleh, agar menemukan makna berharga dan tidak mudah terperosok dalam berita burung.

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk siap membaca secara aktif. Diantara faktor tersebut yaitu kemampuan intelegensi, kemampuan persepsi, dan kepribadian. Ketika seseorang tumbuh di dalam budaya yang suka membaca aktif, maka ia akan menjadi pribadi yang lebih bijaksana dalam menerima informasi. Bahkan proses membaca aktif mampu meningkatkan kesejahteraan psikologis seseorang.

Kesejahteraan psikologis atau biasa dikenal dengan istilah psychological well being merupakan bentuk kepuasan dalam hidup sehingga memunculkan perasaan bahagia dan damai. Seseorang yang mampu mencapai kesejahteraan psikologis, memiliki penguasaan yang baik terhadap lingkungannya. Hal tersebut diperoleh, apabila seseorang membaca secara aktif dan menggunakan ilmunya untuk berpartisipasi dalam berbagai aktifitas masyarakat.

Dengan demikian, aktivitas membaca tidak hanya sekedar membaca literasi, melainkan membaca dalam artian yang lebih luas tentang kondisi lingkungan sekitar. Saat seseorang mampu mengenali diri sendiri maupun lingkungan dengan baik dan menjalin hubungan yang positif dengan orang lain, maka ia akan merasa lebih sejahtera secara psikologis.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top