Manfaat Kata “Sayang” dalam Keluarga

Seberapa sering kita mengungkapkan perasaan sayang kita ke sesama anggota keluarga ? atau malah kita jarang mengungkapkannya ?. Mungkin kita berfikir bahwa rasa sayang yang kita miliki tanpa perlu diutarakan kepada orangtua, pasangan, anak dan saudara mereka akan mengetahui dengan sendirinya  rasa sayang ini. Tentu kita merasakan bahwa orang tua, pasangan, saudara sudah pasti menyayangi kita meski tanpa diuangkapkan. Tapi taukah ?

Ternyata kita perlu mengatakan atau mengungkapkan rasa sayang kita kepada orang tua, pasangan, anak, dan saudara. Bentuk pengungkapan inilah yang disebut sebagai ekspresi emosi. Mengungkapkan perasaan sayang memiliki dampak psikologis yang cukup besar, dimana dengan kita sering mengekspresikan rasa cinta membuat pasangan, anak, saudara sehat secara mental. Orang tua yang sering mengatakan “bunda/ayah sayang sama kakak/adik” hal ini berdampak baik pada kesehatan mental anak. Anak akan tumbuh dengan perasaan dicintai, dihargai dan akan timbul kedekatan/kelekatan antara orang tua dan anak. Perasaan dicintai dan dihargai ini mampu membuat anak memiliki citra diri yang positif, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, memiliki kecerdasan yang baik, memiliki harga diri positif serta kepribadian yang baik. 

Begitu pula ketika kita mengungkapkan perasaan sayang kita kepada pasangan baik suami ke istri maupun sebaliknya istri ke suami. Pasangan yang sering mengungkapkan perasaan sayang satu sama lain akan menciptakan iklim yang penuh kasih sayang dalam keluarga. Meningkatkan keharmonisan antar pasangan dan juga menumbuhkan rasa dihargai dan dicintai oleh pasangan. Sama halnya dengan mengungkapkan rasa sayang ke sesama saudara memiliki dampak yang positif, sehingga mampu menumbuhkan kedekatan antara kakak dan adik serta jalinan kasih. Hal ini mampu, meminimalisir kemungkinan kecemburuan antar saudara. 

Jadi, mari kita budayakan untuk selalu mengungkapkan rasa sayang ke sesama anggota keluarga. Kita ciptakan iklim yang penuh kasih dalam keluarga. Keluarga yang bertabur kasih mampu menciptakan ketahanan keluarga yang baik. Sudahkah hari ini mengatakan “I Love You ibu/ayah, kakak/adik ? “

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top