Manfaat Menebarkan Kasih Sayang

Sudahkah hari ini kita menebarkan kasih sayang ? 
Coba kita ingat kembali dan mulai menyadari apakah dalam sehari kita lebih banyak menebarkan kasih sayang atau justru kita lebih banyak menebarkan kebencian ?. Dengan menyadari perasaan kita merupakan satu langkah  bahwa kita mulai mengenali diri kita. Tentunya sangat baik bagi kita untuk memahami diri kita. 

Mengapa perlu untuk menebarkan kasih sayang ? hal ini perlu dilakukan karena, ternyata apa yang kita rasakan dalam hati  dapat dirasakan oleh lawan bicara kita maupun orang disekitar kita.  Sebagai contoh, saat kita marah dan memutuskan untuk memendam amarah kita disaat yang bersamaan kita sedang berinteraksi dengan orang lain. Tanpa kita sadari lawan bicara kita ikut merasakan kemarahan kita. Meski kita merasa bahwa cara bicara kita biasa saja, atau bahkan kita hanya diam melakukan aktivitas seperti biasa, orang disekeliling kita pun juga akan merasakan hal yang sama. Hal ini dapat terjadi karena hati mengirimkan resonansi saat kita berinteraksi dengan orang lain.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengelola hati agar selalu dipenuhi dengan kasih sayang dan rasa syukur.  Hati yang penuh dengan kasih sayang dan rasa syukur tidak hanya menebarkan kasih sayang tapi juga kebaikan. Begitupun sebaliknya, ketika hati kita tidak dipenuhi kasih sayang dan rasa syukur akan menebarkan iklim lingkungan dan interaksi yang negatif. Hati yang dipenuhi kasih sayang dan rasa syukur akan tercermin dari cara kita bersikap dan berinterkasi. Bahkan disaat marah dan dalam suasana yang kurang menyenangkan kita akan mampu mengelola hati, sehingga  resonansi yang keluar adalah resonansi positif. Seorang ibu yang memiliki kasih sayang dan keberlimpahan rasa syukur saat memarahi anak, anak tidak akan merasakan kemarahan yang negatif justru anak akan merasakan kemarahan yang positif. Dimana, dalam kemarahan tersebut mengalir limpahan kasih sayang ibu. Tapi, ketika kita hati kita belum memiliki tabungan kasih sayang yang banyak saat kita marah tentu kemarahan yang keluar akan ditangkap secara negatif dan akan memunculkan perasaan negatif pula pada lingkungan sekitar kita. 

Betapa besar ya ternyata perasaan yang kita miliki tidak hanya berimbas pada diri sendiri namun juga berdampak kepada orang disekitar. Dengan kita menebarkan kasih sayang tentu akan tercipta iklim yang positif dan menciptakan dukungan sosial dalam lingkup interaksi kita. Dimana, interaksi yang tercipta adalah interaksi yang sehat penuh dengan kasih sayang antar sesama. Ketika kita mampu menebarkan kasih sayang mampu mencegah perilaku bullying dan selalu memandang segala hal dari sisi kebaikan. 

So, mari kita penuhi hati kita dengan limpahan kasih sayang dan rasa syukur. Memenuhi hati dengan limpahan kasih sayang dan rasa syukur dapat kita lakukan dengan cara menyimpan setiap kenangan positif kita dan mensyukuri setiap karunia yang telah Tuhan berikan. Sudahkah hari ini menyebar kasih sayang untuk orang disekililing kita ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top