Melindungi Anak Dari Narkoba

Oleh: Shinta Putri Megawati, S.Psi

Dari: Pusat Psikologi Terapan Metamorfosa Jl. Parangtritis Km 09, Bantul

Hp: 085328859600

Tlp:(0274)2811844

Anak adalah permata bagi orangtua, bahkan akan menjadi generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan para pemimpin Bangsa Indonesia. Saat kita menyadari betapa berharganya anak, maka sudah tentu kita akan merawat dan memberikan pendidikan yang baik demi masa depan yang cemerlang. Anak bukanlah benda mati dan tidak dapat digantikan dengan materi apapun. Sehingga sesibuk apapun orangtua bekerja, tetap perlu berfokus pada perkembangan anak agar tumbuh menjadi pribadi yang berbudi pekerti baik. Orangtua juga perlu membetengi anak dari pengaruh yang kurang baik, seperti maraknya peredaran narkoba. 

Saat ini, meluasnya narkoba di Indonesia sudah menjadi salah satu permasalahan utama yang harus segera mendapatkan penanganan. Narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah kondisi psikologi seperti perasaaan, pikiran, suasana hati bahkan sampai perubahan perilaku. Ada beberapa faktor penyebab mengapa seseorang mengkonsumsi narkoba. Diantaranya yaitu faktor yang berasal dari dalam diri seseorang seperti kecemasan, depresi serta kurangnya religiusitas.

Saat anak memasuki usia remaja, maka orangtua perlu memberikan pendampingan, perhatian dan pengertian yang lebih kepada anak. Sebab beberapa kasus menunjukkan bahwa kebanyakan penyalahgunaan narkotika terjadi pada usia remaja. Hal ini dikarenakan remaja sedang mengalami masa transisi, dan terjadi banyak perubahan dari segi fisik, psikis dan sosial, sehingga remaja menjadi lebih rentan untuk menyalahgunakan obat-obatan terlarang ini.

Hal inilah yang mendorong para orangtua untuk saling bekerjasama dalam upaya melindungi anak dari penyalahgunaan narkoba. Orangtua juga perlu membangun komunikasi yang positif dan intensif serta didukung dengan pengetahuan yang baik tentang bahaya laten penggunaan narkoba. Salah satu faktor penting untuk melindungi anak-anak agar terbebas dari bahaya narkoba adalah kekompakan orangtua dalam membimbing dan mengasuh anak-anak. Penanaman nilai-nilai religi mampu menjadi benteng terkuat yang mampu melindungi anak dari pengaruh buruk lingkungan.

Selain itu, pertemanan sebaya juga perlu diperhatikan sebab hal ini akan membawa pengaruh pada gaya hidup anak. Anak akan belajar banyak saat berinteraksi dengan teman sebayanya, seperti bagaimana bertoleransi, bersosialisasi dan mengasah kematangan emosi. Sehingga salah satu hal yang dapat mempererat kedekatan orangtua dan anak yaitu orangtua dapat berinisatif untuk menanyakan siapa saja teman terdekatnya. Bahkan orangtua dapat memberikan tawaran kepada anak untuk mengundang teman-temannya belajar di rumah. Hal ini sebagai upaya orangtua mengenali lebih dekat lingkungan pertemanan anak. Dengan demikian, anak akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang sehat dan cerdas bebas dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top