Memahami Psikologi Keluarga

Oleh: Shinta Putri Megawati, S.Psi

Dari: Pusat Psikologi Terapan Metamorfosa

Jl. Parangtritis Km 09, Bantul

Hp: 085328859600

Tlp:(0274)2811844

Psikologi keluarga mencoba memahami kejiwaan dan tingkah laku seseorang di dalam keluarga. Belajar tentang psikologi keluarga membantu anggota keluarga untuk menyelesaikan konflik secara konstruktif dan bagaimana berinteraksi agar lebih efektif. Tentu masing-masing anggota keluarga memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga sangat penting untuk menyadari betapa urgentnya mempunyai bekal pengetahuan psikologi keluarga. Interaksi di dalam keluarga memberikan peranan yang sangat penting dalam membangun sikap metal seseorang. Anak-anak akan belajar bagaimana berperilaku dari keteladanan kedua orangtuanya.

Keluarga merupakan garda terdepan yang akan menanamkan nilai-nilai positif kepada anak-anak. Proses pendidikan terjadi di dalam keluarga, sehingga harapannya mampu memberikan keteladanan, kenyamanan dan dukungan kepada anak. Selain itu, keluarga pulalah yang akan memberikan perlindungan dari pengaruh buruk sosial yang mampu merusak moral anak. Sehingga kita semakin terhubung dengan satu kesadaran penuh bahwa keluarga merupakan faktor penting dalam membangun karakter anggotanya.

Orangtua berupaya untuk senantiasa memfasilitasi anak-anak dalam belajar, mulai dari pembinaan tata krama, agama, dan keterampilan hidup lainnya agar menjadi pribadi yang berkualitas dengan memiliki dedikasi dan bertanggungjawab. Proses pembentukan karakter ini perlu memperhatikan aspek psikologis, sebab setiap tahapan perkembangan memiliki respon yang berbeda. Misalnya, proses untuk menanamkan sikap mengelola emosi, akan berbeda responnya saat anak usia SD dengan SMP maupun saat kuliah. Bisa jadi respon yag muncul adalah penolakan, keraguan atau penerimaan. Sehingga orangtua perlu memahami aspek psikologis saat ingin menanamkan satu keterampilan hidup.

Memahami psikologi keluarga menghantarkan kita pada beberapa manfaat yang akan diperoleh, seperti memudahkan anggota keluarga untuk mengerti karakter masing-masing anggota keluarga, bahkan mampu menjadi bekal untuk mengendalikan dan memprediksi perilaku anggota keluarga. Selain itu, psikologi keluarga juga mampu membawa pengaruh pada pola pikir dan perilaku seseorang dengan memberikan sudut pandang yang lebih konstruktif.

Sehingga keluarga dapat kita lihat sebagai sebuah komunitas dan juga sebuah sistem yang kuat, dimana merupakan tempat pertama seseorang tinggal dan berkembang. Hal ini membuat keluarga menjadi sangat penting terhadap pembentukankepribadian seseorang. Dengan demikian, sudah selayaknya setiap keluarga mampu mengimplementasikan psikologi keluarga ini, agar mampu meraih kedamaian dan kesejahteraan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top