Membangun Karakter Anak Sejak Dini

Oleh: Shinta Putri Megawati, S.Psi

Dari: Pusat Psikologi Terapan Metamorfosa

Jl. Parangtritis Km 09, Bantul

Hp: 085328859600

Tlp:(0274)2811844

            KARAKTER merupakan kebiasaan yang dimiliki seseorang dan dapat dibangun sejak usia dini. Peran orangtua dalam membangun karakter anak sangat penting, sehingga orangtua perlu menyadari momentum berharga ini. Anak ibarat lembaran kain yang masih putih, sehingga ‘warna’ yang terlukis didalamnya sangat dipengaruhi oleh kiprah orangtua. Orangtua yang memberikan apresiasi positif dan melakukan komunikasi  efektif, akan menciptakan  harga diri (self esteem) positif pada anak.

            Sehingga unsur terpenting dalam membangun karakter anak yaitu bermula dari pikiran mereka. Pikiran manusia terdiri dari pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (unconscious mind). Kemampuan menalar pada anak-anak usia dini belum tumbuh, sehingga pikiran bawah sadar (unconscious mind) masih terbuka dan menerima semua informasi dan stimulus yag dimasukkan kedalamnya tanpa seleksi. Disinilah pondasi awal terbentuknya karakter sudah terbangun. Jika sejak kecil orangtua menunjukan rasa saling menghormati dan toleransi, maka anak akan belajar tentang hal itu.

Selanjutnya dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia, anak akan belajar dari sekolah, lingkungan masyarakat, televisi, buku dan berbagai sumber lainnya yang menambah pengetahuan. Anak mulai mampu menganalisis dan menalar suatu keadaan. Mulai dari sinilah peran pikiran sadar (conscious) menjadi semakin dominan. Sehingga tidak semua informasi yang diterima oleh panca indera dapat dengan mudah diterima oleh pikiran bawah sadar.

Ketika seorang anak memiliki konsep diri yang bagus, seperti selalu ceria, penuh semangat dan berani mencoba hal baru, maka mereka akan selalu merasa bahwa dirinya mampu melakukan banyak hal. Sehingga mereka akan mendapatkan banyak pelajaran pula, seperti saat sedang belajar jalan. Anak tertatih-tatih dan sesekali jatuh, namun mereka bangkit lagi hingga akhirnya mampu berjalan bahkan berlari.

Oleh karena itu, orangtua perlu menyadari betapa berharganya mengoptimalkan momentum bersama anak diusia dini. Sebab apabila orangtua mampu menginternalisasikan nilai-nilai positif pada anak sejak usia  dini, maka hal ini akan tertanam dalam pikiran bawah sadar mereka. Dengan demikian, karakter positif anak mulai terbangun dan kelak saat dewasa ia siap menjadi pemimpin yang akan membangun negeri menjadi lebih baik lagi.   

           

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top