Menemukan Makna dalam Hidup

Oleh: Shinta Putri Megawati, S.Psi

Dari: Pusat Psikologi Terapan Metamorfosa

Jl. Parangtritis Km 09, Bantul

Hp: 085328859600

Tlp:(0274)2811844

 

Hidup ibarat perjalanan mendaki gunung, sehingga seseorang harus menyiapkan betul bekal yang hendak dibawa dalam perjalanan. Persiapan yang matang, akan memudahkan seseorang dalam mencapai puncak. Begitu pula dengan kehidupan, seseorang perlu menyiapkan bekal berupa ilmu pengetahuan dan soft skill dalam menghadapi tantangan hidup. Sebab dalam hidup ini, tak semuanya berjalan indah sesuai harapan kita.

Terkadang seseorang merasakan kekecewaan karena cita-cita yang tertunda, atau kegagalan dalam usaha. Hal ini perlu mendapatkan respon yang adaptif, sehingga seseorang tak akan lama-lama terpuruk dalam kesedihan. Manusia memiliki kemampuan untuk menemukan makna dalam hidup (the meaning of life), bahkan dalam kondisi ‘menderita’ sekalipun. Sebenarnya makna hidup terdapat dalam kehidupan itu sendiri, baik dalam kondisi kehidupan senang ataupun susah.

Setiap orang memiliki kebebasan untuk mengambil sikap terhadap semua peristiwa yang menimpanya. Saat keadaan tak mungkin dapat diubah, maka satu-satunya jalan yang dapat ditempuh yaitu mengubah sikap atas keadaan itu agar kita tidak hanyut dalam kesedihan. Sikap yang kita ambil mampu memberikan kebaikan pada diri sendiri dan orang lain, sesuai dengan norma-norma dalam masyarakat.

Inti dari setiap perjuangan hidup adalah mengusahakan agar kehidupan selalu berarti bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan agama.  Penting bagi seseorang untuk melibatkan diri dalam kegiatan yang bermakna, sehingga ia akan menikmati kebahagiaan sebagai efek sampingnya. Sehingga dapat dipahami bahwa kebahagiaan adalah hadiah dari usaha seseorang menjalankan kegiatan-kegiatan bermakna. Dengan demikian, hasrat untuk hidup bermakna (the will to meaning) adalah motivasi terbesar setiap manusia, dan mendambakan diri kita menjadi seseorang pribadi yang berharga dan berarti.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top