MENERIMA DIRI? APA SIH PENTINGNYA? SIMAK YUKK

Banyak dari kita yang sering sekali membandingkan diri dengan orang lain, misalnya membandingkan tingkat kecerdasan dengan saudara kita, membandingkan tingkat kecantikan dengan teman, dan lain sebagainya. Pada umumnya seseorang yang membandingkan dirinya dengan orang lain, cenderung menganggap dirinya berada di posisi yang kurang beruntung, dibandingkan dengan orang lain yang memiliki banyak keunggulan daripada kita. Lalu dengan adanya sikap tersebut, kita mulai berandai-andai apabila kita ada diposisi meraka yang beruntung kira-kira seperti apa ya rasanya? Pasti akan lebih bahagia…?

Menerima diri dapat diartikan sebagai suatu sikap memandang diri sendiri sebagaimana adanya dan memperlakukannya secara baik disertai rasa senang serta bangga sambil terus mengusahakan kemajuannya. Menerima diri juga berarti sikap seorang individu yang menunjukkan perasaan mampu menerima dan bahagia atas segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya serta mampu bersedia untuk hidup dengan segala karakteristik yang ada dalam dirinya, tanpa merasakan ketidaknyamanan terhadap dirinya sendiri. Terlalu asyik membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain dapat membuat kita lupa untuk melihat diri sendiri lebih dalam. Akibatnya yang kita lihat selama ini adalah orang lain dan bukan diri sendiri. Hal seperti ini jelas memperlihatkan sikap tidak realistis dalam memandang dan memahami diri sendiri, yang mana dapat mengakibatkan kegagalan dalam menerima dan berdamai dengan diri sendiri.

Lalu apa saja sih manfaat yang bisa diperoleh apabila kita berhasil menerima diri sendiri?

  1. Apabila kita menerima diri apa adanya, kita merasa senang terhadap diri sendiri, merasa lebih sehat, lebih semangat dan tidak banyak masalah.
  2. Merasa berharga, atau setidaknya sama dan sejajar dengan orang lain, karena menyadari disamping adanya berbagai kekurangan, kita juga memiliki berbagai kelebihan.
  3. Menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada, namun kekurangan yang ada bukan sebagai penghalang diri kita untuk maju. Menerima kekurangan bukan berarti kita membiarkannya tanpa berusaha untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Hal tersebut merupakan tanggung jawab kita untuk membenahi diri menjadi lebih baik.
  4. Mampu melakukan pekerjaan sebaik orang lain, hal tersebut didasarkan adanya kepercayaan pada diri kita sendiri. Semakin seseorang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, maka akan semakin banyak hal-hal yang dapat dilakukan di luar dugaan.
  5. Membangun hal positif terhadap diri sendiri, dengan begitu kita mampu memaafkan (berdamai) dengan diri sendiri.
  6. Mampu menerima orang lain. Bagaimana orang lain akan menerima kita apabila kita tidak menerimanya.

Menerima diri berarti kita menerima secara total segala kekurangan dan kelebihan yang kita miliki tanpa adanya kekecewaan. Kepercayaan diri merupakan salah satu hal yang berpengaruh dalam keberhasilan penerimaan diri. Dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, maka kita akan semakin mampu dalam menerima diri kita dengan ikhlas. Apabila kita telah mampu menerima diri kita sepenuhnya berarti kita mampu menghargai semua yang ada pada diri kita, baik kekurangan maupun kelebihan kita sehingga potensi yang kita miliki dalam diri dapat teraktulisasikan secara optimal. Maka dari itu mulai dari sekarang belajar untuk menerima diri sendiri sepenuhnya, agar hidup menjadi bahagia dan bernilai positif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top