MENGATASI RASA MINDER DALAM DIRI

Kepercayaan diri adalah kepercayaan atau keyakinan yang dimiliki seseorang terhadap diri sendiri dan kemampuannya, juga mencakup pendapatnya tentang dirinya sendiri. Sedangkan orang yang tingkat kepercayaan dirinya rendah atau minder, belum mencapai tingkat kecerdasan emosional yang baik. Minder atau harga diri yang rendah adalah suatu perasaan negatif terhadap diri sendiri, hilangnya kepercayaan diri, dan gagal mencapai tujuan. Biasanya akan diekspresikan secara langsung maupun tidak langsung. Perasaan – perasaan ini menciptakan image negatif dan pikiran yang kritis terhadap diri sendiri yang akan mempengaruhi tingkah laku serta pilihan – pilihan yang dibuat dalam hidup, yang seringkali akan menurunkan tingkat keyakinan diri menjadi semakin rendah.

Seseorang yang memilki harga diri rendah maka akan membatasi pergaulannya, kurang percaya diri, kurang aktif, dan kurang bisa bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami minder atau harga diri rendah, yakni:

  • Pola Asuh Keluarga: Pola asuh yang diterapkan di keluarga sangat berpengaruh terhadap bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri.
  • Tekanan/Trauma: Banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya trauma, misalnya kekerasan fisik, seksual, dan peristiwa lain yang bisa mengancam seseorang hingga tidak bisa lepas dari bayang-bayang kejadian yang tidak menyenangkan tersebut.
  • Lingkungan: Pengaruh lingkungan dimana seseorang bisa menjadi minder apabila selalu dilarang, disalahkan, tidak dipercaya, diremehkan oleh lingkungan.

Apabila rasa minder tetap dipelihara dalam kehidupan sehari-hari dan semakin menurunkan kepercayaan dan keyakinan terhadap diri sendiri maka akan berakibat kurang baik, diantaranya : Menciptakan perasaan tidak tenang, ketika anda sedang dihadapkan dengan suatu tantangan anda akan merasakan Tidak tenang, bingung, serba salah, gelisah secara keseluruhan. Pesimis, rasa pesimis adalah satu pemikiran yang kurang baik. Bila anda selalu berputus asa, secara perlahan anda akan di bawa ke arah kegelapan. Ujung-ujungnya selalu penuh dengan kesusahan dan keluh kesah. Itulah yang akan terjadi bila anda tidak percaya diri. Anda tidak akan pernah bisa percaya bahwa anda dapat melakukannya dengan baik. Menghambat rezeki, ketika anda tidak yakin dengan kemampuan yang anda miliki. Anda tidak akan pernah menemukan pengalamanyang besar yang terdapat disekitar anda.  Secara tidak langsung anda telah menutup pintu rezeki anda sendiri akibat merasa tidak percaya diri.

Selama kita melakukan hal yang benar dan halal, sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk merasa minder. Kalaupun kita belum mampu melakukan sesuatu, sebagai manusia kita bisa belajar dulu. Dan belajar cara mengatasi rasa minder, diantaranya:

  1. Menerima Diri Sendiri

Penting untuk dapat menerima diri sendiri apa adanya agar tidak terjerumus kepada rasa minder. Anda tidak dapat mengharapkan untuk memiliki penampilan yang sama dengan orang lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing baik dalam hal fisik maupun sifat dan mental, hanya saja kekurangan tersebut tidak selalu terlihat oleh orang lain. Menerima diri sendiri termasuk mensyukuri apa yang dimiliki beserta segala kekurangan dan kelebihan akan mencegah Anda dari merasa minder.

  1. Introspeksi Diri

Seseorang merasa minder karena tidak menyadari potensi dirinya sendiri dan hanya merasakan bahwa dirinya memiliki kekurangan. Upayakan untuk mengetahui apa saja potensi diri Anda yang dapat dikembangkan sambil berusaha emperbaiki kekurangan diri agar dapat menghilangkan rasa minder.

  1. Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan

Ini juga cara yang penting untuk menumbuhkan keyakinan diri di depan banyak orang. Diana menyarankan supaya Anda terus mengembangkan skill yang sekiranya dibutuhkan untuk mengejar passion agar semakin maju dan berkembang.

Kepercayaan diri yang rendah merupakan sesuatu perasaan yang tidak baik, karena akan mempengaruhi bagaimana seseorang menjalani hidup serta bagaimana pandangannya terhadap posisinya dalam masyarakat dan keluarga. Merasa minder akan membuat seseorang enggan menjalani kehidupannya dengan baik, dan selalu menarik diri dari kehidupan sosial, melemahnya semangat hidup dan pada akhirnya akan menghancurkan diri sendiri. Berusahalah dan belajar untuk selalu menumbuhkan rasa percaya diri agar terhindar dari rasa minder yang berlebihan sehingga, melemahkan kepribadian Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top