MENGELOLA PANDANGAN NEGATIF ORANG MENJADI POSITIF

Tidak seorang pun diantara kita yang lebih sempurna dan bersih dari dosa. Hal ini sangat penting untuk selalu diingat. Mengapa? karena, pertama, agar kita selalu menyadari dan tidak membohongi diri sendiri. Kedua, agar kita tidak mudah sakit hati. Jangan sampai terkagum-kagum oleh pujian dan penghormatan orang. Tanpa memandang usia atau status sosial kita, akan selalu ada beberapa orang yang sulit dipahami di luar sana, yang seakan tidak menginginkan apapun selain menindas dan meremehkan. Terkadang beberapa orang tersebut adalah rekan kerja kita sendiri, terkadang mereka adalah orang-orang yang tak terduga dilingkungan kita.

Mungkin kita tidak dapat mengendalikan semua hal yang dikatakan dan dilakukan oleh orang, tetapi kita dapat memutuskan untuk tidak terpengaruh oleh mereka. Cara orang memperlakukanmu adalah hak mereka, bagaimana kamu merespon adalah pilihanmu. Yang perlu kamu tahu bahwa, hal-hal yang dikatakan dan dilakukan orang kepada kamu jauh menggambarkan lebih banyak tentang mereka daripada kamu. Cara cerdas dan simple yang bisa diterapkan untuk menghadapi tanggapan orang, yaitu:

  1. Doakan yang Terbaik Untuk Mereka Dan Terus Jalani Hari Seperti Seharusnya

Jangan menurunkan standarmu, tetapi ingat bahwa menghapus ekspektasimu terhadap orang lain adalah cara terbaik untuk menghindari kekecewaan terhadap mereka. Sadarilah bahwa tidak selamanya orang yang kamu harapkan memperlakukanmu sebagaimana kamu memperlakukan mereka, karena tidak semua orang memiliki hati yang sama. Ingatkan dirimu bahwa kamu tidak pernah tahu apa yang dialami seseorang pada hidup mereka. Lakukan saja yang terbaik untuk bersikap baik, murah hati dan hormat. Doakan untuk mereka yang terbaik agar doa baik tersebut berbalik kepada kita.

  1. Contohkan Sikap Dan Perilaku yang Ingin Kamu Lihat Atau Terima

Mencoba abaikan perilaku mereka yang memaksa permusuhan dan fokus pada belas kasih. Komunikasikan dan ekpresikan diri kamu dengan positif, dengan niat terbaik. Gunakan suara yang kamu miliki untuk mengispirasi, mendorong, mendidik, dan menyebarkan kebaikan.

  1. Ambil Kontrol Positif Dari Percakapan-Percakapan yang Negatif

Tidak masalah jika mengubah topik, berbicara tentang sesuatu yang positif, atau mengalihkan percakapan dari obrolan yang beresiko bikin baper beberapa pihak. Kontrol juga pada obrolan yang menyakitkan, pilih kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain.

  1. Bangun Batasan-Batasan yang Sehat dan Masuk Akal Secara Positif

Kontrol perasaan ketika kamu merasa kesal dan ekpresikan kekesalan di tempat yang tepat. Secara bertahap bangun batasan dengan mengatakan “tidak” untuk permintaan yang menyebabkan kekesalan dalam diri kamu.

  1. Penilaian Orang yang Kurang Enak Dalam Hati, Menjadi Introspeksi

Jika kamu sudah mencoba yang terbaik untuk berkomunikasi dengan orang yang sulit, mereka yang bersikeras untuk menyerang karena alasan apapun, jadikan kata-kata mereka menjadi motivasi dan tidak usah dimasukkan hati.

            Pandangan orang gak usah terlalu dipikirkan, kata-kata menyakitkan coba terima dengan positif sehingga terdapat faedahnya. Tidak pula menyalahkan mereka atas emosimu, karena kamulah yang bisa mengontrol bahagia atau tidaknya hari yang sedang kamu hadapi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top