Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal

Agustus.

Bulan dimana Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, berbagai acara digelar untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus. Berbagai macam perlombaan dilaksanakan mulai dari tingkat kampung sampai tingkat nasional. Perlombaan-perlombaan ini juga menjadi ajang untuk masyarakat berkumpul dengan tetangga yang jika pada hari-hari biasa tidak dapat intens bertemu dan mengobrol satu sama lain. Nah, dalam psikologi di kenal ada kemampuan komunikasi interpersonal, apakah itu?

Menurut Glints (2018) komunikasi interpersonal dapat dikatakan sebagai pertukaran gagasan, pemikiran, ataupun informasi antar dua individu atau lebih. Sedangkan kemampuan interpersonal dapat diartikan sebagai kemudahan dan kenyamanan komunikasi antara individu dan rekan mereka (Peled dalam Sunindijo dan Zou, 2103), dengan memiliki kemampuan interpersonal yang baik, maka semakin memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang lain. beberapa hal berikut ini dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal, yaitu:

  1. Senyuman, siapa sangka bahwa langkah kecil juga dapat mendatangkan sesuatu yang besar? Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal adalah dengan tersenyum. Senyuman dapat membuat wajahmu trkesan ramah sehingga orang lain tidak merasa sungkan untuk bertegur sapa dan mendekat dengan kamu dan akan memperlancar komunikasi interpersonal 
  2. Bangun Kebersamaan, mulailah dengan memperlakuakan orang lain dengan perlakuan yang sama. Jangan biarkan mereka merasa tidak lebih didengar daripada  yang lain. Hargai pendapat semua orang dengan porsi yang sama karena setiap orang memang memiliki hak untuk dipertimbangkan pendapatnya. Hal yang tidak kalah penting jika ingin membangun kebersamaan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal, jangan pernah bergosip! Kamu pasti tidak akan sadar seberapa cepat gosip akan tersebar di lingkungan kamu, jadi lebih baik hindari sejak awal.
  3. Mendengarkan Sebanyak Berbicara, komunikasi memang hal yang tidak  dikerjakan seorang diri, jadi tentu saja mendengarkan lawan bicara sangatlah penting untuk meningkatkan komunikasi interpersonal. Jangan pernah lupa untuk menanyakan pendapat dan biarkan lawan bicara ambil bagian juga dalam percakapan, Saat mendengarkan, kamu juga harus menjadi pendengar yang aktif. Mungkin sebagian orang bercerita hanya untuk didengar, bukan untuk mendapatkan sebuah saran, tapi bukan berarti kamu hanya diam dan mendengarkan. Anggukan kepala dan tanggapan-tanggapan singkat dapat menunjukkan bahwa kamu menyimak. Kamu juga boleh sesekali memberikan kesimpulan kecil dari yang telah ia ceritakan untuk menunjukkan bahwa kamu memang mengerti apa yang mereka ceriatakan.
  4. Jangan Banyak Mengeluh, jika ingin komunikasi interpersonal yang baik, kamu harus memastikan bukan merupakan orang yang sedikit-sedikit mengeluh. Seorang yang mengeluh setiap saat akan membuat orang disekitarnya tidak nyaman dan biasanya menjadi orang yang dihindari dalam berbicara. Mengeluh akan memicu munculnya energi negatif di sekitarmu yang tidak hanya buruk untuk dirimu tapi juga untuk orang-orang disekitar. Kendalikan dirimu dan jadilah  orang yang selalu berpikiran positif
  5. Apresiatif, jadilah murah hati dengan pujian dan kata-kata yang mengobarkan semangat. Ucapkan terima kasih ketika orang lain menolongmu. Jika kamu membiarkan orang lain mengetahui bahwa mereka dihargai, mereka akan mau memberikan yang terbaik bagimu, komunikasi interpersonal akan terjalin dengan indah.

Selamat membangun koneksi, kemampuan  interpersonal yang baik akan membawa komunikasi baik pula dalam keseharian kita.

Sumber:

www.glints.com/id/lowongan/meningkatkan-komunikasi-interpersonal-yang-profesional/

Sunindijo, R.Y. & Zou, P. X. W. (2013).  The Roles of Emotional Intelligence, Interpersonal Skill, and Transformational Leadership on Improving Construction Safety Performance. Australasian Journal of Construction Economics and Building. 13(3): 97-113.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top