MENINGKATKAN RASA SYUKUR DENGAN KEPEKAAN TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR

Hakikatnya dalam kehidupan ini tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersyukur, mengingat telah banyak nikmat yang telah Tuhan berikan. Nikmat-nikmat itu bahkan tidak akan mampu kita hitung satu-persatu. Namun sebagai manusia biasa tempat salah dan khilaf, kita masih sering mengeluh  dan merasa kurang, merasa hidup orang lain lebih enak, lebih kaya, lebih bahagia dan lebih segalanya. Kita selalu membanding-bandingkan dan melihat kehidupan orang lain lebih nikmat, sehingga  membuat kita menjadi manusia yang lupa akan nikmat yang telah  Tuhan berikan. Padahal bisa jadi kehidupan orang  lain yang kita lihat sebagai kehidupan yang ideal tidak terlepas dari perjuangan dan iktiar yang telah mereka lalui, namun yang telah kita liat adalah hasil dari perjuangan yang telah mereka lakukan. Manusia di ciptakan Tuhan dengan jalan skenario kehidupannya masing-masing, jadi kita tidak perlu tergiur dan merasa berkecil hati melihat kehidupan orang lain. Namun jadikanlah kesuskesan orang-orang di sekitar kita sebagai motivasi dan cambukan semangat agar kita terus berusaha mencapai apa yang kita harapkan.

Jadi jika kita melihat dan mengamati lingkungan di sekitar kita, banyak hal yang akan mampu mengajarkan kita tentang kebersyukuran. Karena terkadang Tuhan memngirimkan pelajar melalui fenomena-fenomena disekitar kehidupan kita, kita dituntutut peka bukan hanya peka terhadap  perasaan orang lain, namun juga peka dalam melihat dan menangkap makna dari pesan tersirat yang Tuhan kirim lewat fenomena kehidupan di sekitar kita. Coba kita perhatikan sekitar kita. Masih kah kita tidak bersyukur saat melihat bapak-bapak yang sudah paruh baya di pagi buta sudah menarik grobak dan mencari rejeki?, masih kah kita tidak bersyukur saat melihat ibu-ibu yang sudah paruh baya di pagi buta mengayuh sepeda berkilo-kilo meter dengan muatan barang yang cukup berat?, masihkah kita tidak bersyukur saat melihat dikeramaian pasar para kuli begitu semangat mengangkat barang-barang diatas punggungnya bahkan sampai membungkuk?, atau masihkan kita tidak bersyukur saat melihat anak-anak mengumpulkan barang rongsokan di siang yang sangat panas bahkan tidak beralaskan sandal?.

Jadi masihkah kita tidak bersyukur?, atau sudahkah kita bersyukur hari ini?. Maka dari itu salah satu cara untuk terus menjaga rasa syukur kita adalah jangan berkecil hati melihat kesuksesan orang lain, namun jadikanlah hal itu sebagai pacuan dan semangat untuk mencapai apa yang kita harapkan, dan pekalah terhadap lingkungan sekitar kita, karena banyak fenomena yang akan mengajarkan kita agar tetap bersyukur dalam menjalani hidup. Jika kita mampu menerapkah hal tersebut maka kita akan lebih bersyukur dengan apa yang kita miliki, dan memberikan efek psikologis yang baik pula untuk diri kita sendri, dimana individu yang bersyukur akan lebih bahagia dan lebih bisa memaknai hidup, karena Jiwa yang sehat berasal dari pribadi yang selalu mensyukuri nikmat yang telah tuhan karuniai kepadanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top