MENJAGA LOYALITAS: BERKOMITMEN DALAM BEKERJA

 

Sering kali karyawan saat pada awal bekerja di perusahaan memiliki semangat dan komitmen yang tinggi, tetapi hal tersebut tidak bertahan lama. Padahal, karyawan menjadi aset penting dalam perusahaan. Karena dengan adanya komitmen, karyawan tersebut dapat menjadi lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Selain itu, karyawan yang memiliki komitmen yang tinggi akan bekerja secara optimal sehingga dapat mencurahkan tenaga, waktu, pikiran untuk pekerjannya dan apa yang dikerjakannya sesuai dengan tujuan perusahaan.

Komitmen karyawan sendiri sering di artikan sebagai suatu keadaan yang mana seorang karyawan mempunyai keinginan yang kuat untuk mempertahankan keanggotan dalam perusahaan tersebut. Hal ini bukan mengenai jenjang karir, gaji, atau semacamnya, tetapi kenyamanan dan perasaan yang mendalam untuk bekerja di perusahaan tersebut (Robbins & Judge, 2008).

Adapun yang menyebabkan komitmen karyawan menurun dikarenakan oleh berbagai hal, seperti suasana kerjanya tidak menyenangkan atau tidak cocok, teman sesama karyawan, bidang kerja yang dikerjakan tidak sesuai dengan keahliannya, serta atasan yang kurang mengaprisiasi setiap pekerjaan.

Lalu bagaimana cara agar seorang karyawan dapat mempertahankan komimetnya tersebut?

  1. Kendalikan Ketakutan

Ketakutan menjadi dasar masalah tidak dapat mempertahankan komitmen. Tidak menghilangkan namun dikendalikan dengan cara mengirup udara segar sejenak. Kendalikan ketakutan dengan mengucapkan kalimat-kalimat semangat dan positif.

  1. Bentuk pemikiran negatif menjadi positif untuk tetap komitmen

Ubah pemikiran negatif menjadi positif, seperti memandang sebuah masalah dalam pekerjaan menjadi tantangan agar berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  1. Evaluasi

Meninjau kembali setiap pekerjaan yang telah dikerjakan, sehingga kita bisa menilai sejauh mana kinerja kita. Sehingga kita bisa mengetahui mana yang harus lebih ditingkatkan kembali dan mana yang harus di kembangkan.

  1. Pelatihan

Mengikuti pelatihan menjadi cara yang mampu menjadikan karyawan lebih berkomitmen. Dalam hal ini karyawan yang dirasa kurang bekerja secara efektif dapat menjadi cara yang baik dengan dilakukan adanya pelatihan tersebut.

Cara diatas dapat diterapkan bagi karyawan, agar kedepannya karyawan bisa terus menerus mempertahankan komitmennya dalam bekerja. Sehingga dengan begitu karyawan bisa berupaya memberikan kemampuan yang terbaik bagi perusahaan dan perusahaan pun dapat maju dan berkembang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top