Merasa Digosipin? Lah Bodo Amat

Artikel

Bodo amat/masa bodoh/cuek aja..

Pada umumnya bersikap bodo amat dilihat sebagai bentuk atau ekspresi dari kurangnya rasa empati terhadap sekitar. Ya.. walaupun berkonotasi negatif sih, namun bersikap bodo amat kadang memang diperlukan untuk beberapa hal yang tidak bermakna, lho. Jadi, kita perlu memilah mana hal yang perlu dipedulikan dan yang tidak perlu, sesuatu yang mendesak dan penting.

Misalnya nih.. Tak jarang orang lain berbicara buruk tentangmu, wajar saja jika itu mengganggumu, agar tidak berlarut dengan perkataan yang menyakitimu perlu dibiasakan untuk bersikap bodo amat, bukan membenci orang yang membicarakanmu tapi penting dirimu memperhatikan kesehatan mental mu.

Cuek dan masa bodoh adalah cara yang sederhana untuk mengarahkan kembali ekspektasi hidup kita dan memilih apa yang penting dan apa yang tidak, karena tidak ada seorang pun yang bertanggung jawab atas keadaan Anda kecuali diri Anda sendiri (Manson, 2016).

Bodo amat bukannya tidak peduli namun cara memilih menghadapi hal sulit dengan menikmatinya dan lebih produktif terhadap kehidupan sehingga dapat menemukan makna hidup tanpa membuang waktu dan tenaga, dengan begitu kedewasaan kita mulai muncul saat kita belajar untuk peduli pada hal yang sangat berharga. 

Kenapa penting bersikap bodo amat?

  • Hidup semakin tenang

Dengan sedikit mengabaikan komentar negatif yang menjatuhkan kita tentu saja kita akan merasakan ketenangan dalam hidup, bukannya tidak peduli namun cuek  terhadap hal negatif saat orang lain membicarakan kesalahan dan kekurangan kita, namun dijadikan sebagai pembelajaran. Bodo amat dapat menjauhkan kita dari perasaan stres dan memberikan ketenangan di pikiran kita.

  • Fokus pada tujuan

Tujuan hidup yang ingin kita capai tak jarang orang lain berkomentar buruk, namun dengan bersikap bodo amat kita dapat lebih fokus terhadap target kedepan kita tanpa menghiraukan hal yang menjatuhkan kita dan membuat diri kita lebih fokus terhadap tujuan utama.

  • Menghilangkan rasa dengki

Bersikap bodo amat dengan perasaan iri dengan orang lain ini dapat direndam dengan lebih fokus apa yang sudah kita miliki, daripada membandingkan pencapaian kita dengan orang lain namun bisa kita jadikan sebagai motivasi untuk maju.

  • Mengurangi kecemasan

Sedikit cuek atau tidak peduli dengan komentar orang lain yang buruk justru menjauhkan kita dari perasaan cemas kita dan hanya menjatuhkan diri kita dari impian kita yang dirugikan hanya diri kita sendiri.

  • Menikmati hidup

Kebiasaan bodo amat membuat kita memiliki cara pandang hidup yang berbeda dengan menjalani hidup lebih enjoy dan rileks tanpa berfikir komentar negatif orang lain.

Last but not least, bersikap masa bodoh ini juga perlu dihindari apabila intensitasnya kuat, karena dapat membuat hubungan dengan sekitarmu menjadi tidak sehat dan menimbulkan konflik berkepanjangan.

 

Referensi:

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/08/31/150633/mental-kamu-lebih-penting-ini-5-manfaat-bersikap-bodo-amat

https://bahanamahasiswa.co/belajar-dari-manson-seni-untuk-bersikap-bodo-amat/ 

Adzani, C., & Sukendro, G. G. (2020). Representasi Konsep Diri Remaja Perempuan Pembaca Buku “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat” dari Mark Manson. Koneksi, 4(2), 200-206.

Manson, Mark. (2016). Sebuah seni untuk bersikap bodo amat. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*