Motivator Paling Hebat Adalah Dari Diri Kita Sendiri

Setiap orang pasti ingin sukses, untuk mewujudkannya kita perlu motivasi yang kuat guna melawan segala tantangan yang akan kita temui selama perjalanan. Motivasi adalah suatu dorongan atau alasan yang menjadi dasar semangat seseorang untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Arti motivasi juga dapat didefinisikan sebagai semua hal yang menimbulkan dorongan atau semangat di dalam diri seseorang untuk mengerjakan sesuatu. kita dapat menemukan motivasi dari mana saja, bisa dari keluarga, orang terdekat, teman,  orang yang kita idolakan, terutama dari diri sendiri.

Hampir semua orang bisa membaca buku, mengikuti seminar ataupun menonton vidio tentang motivasi, namun yang sering terjadi adanya peningkatan semangat seperti berpikir aku harus berubah jadi yang lebih baik, aku harus ini, aku harus itu. Banyak plan kita buat yang hanya bertahan beberapa hari, paling lama satu sampai dua minggu setelah itu akan kembali pada pemikiran semula bahkan bisa lebih buruk lagi. Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan? Bagaimana agar kita tetap termotivasi?

Perlu kita ketahui ” Motivasi adalah pohon yang disiram dengan kedisiplinan diri”. Motivasi juga seni kita berkomunikasi dengan diri sendiri, jadi kuncinya adalah menjaga memori tentang  hal-hal yang menyenangkan apabila kita sukses, maka kita akan termotivasi untuk bekerja keras dalam meraihnya. Ada 4 hal yang menurut Hamim Mahmud harus dilakukan agar tetap termotivasi dalam hidup:
1. Konsisten
Konsisten adalah suatu hal yang kita yakini secara prinsip dan terus menerus kita lakukan, dimana dalam menjaga semangat agar motivasi  selalu optimal diperlukan sikap teguh akan tujuan, kehendak dan minat. Oleh karena itu, penting buat kita untuk selalu mengawal setiap tujuan kita. Tentu saat  memiliki tujuan akan ada banyak hal yang dijumpai, baik itu tantangan maupun hambatan. Sikap konsisten sangat diperlukan agar kita tidak mudah goyah dan berputus asa dalam meraih tujuan kita. agar kita tetap konsisten dalam perjalanan meraih tujuan bias dengan membuat perencanaan untuk meraih tujuan. 
2. Bertanggung jawab
Tanggung jawab berasal dari dalam hati dan kemauan sendiri untuk melakukan kewajiban.  Tanggung jawab secara umum adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Sikap bertanggung jawab seseorang membuat ia berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, membuat seseorang bertindak lebih hati-hati dengan perencanaan yang matang serta lebih kuat dan tegar menghadapi permasalahan yang harus diselesaikan. Sehingga saat dihadapkan dengan tantangan kita akan tetap memiliki motivasi yang optimal karena adanya rasa penuh tanggung jawab dalam menyelesaiakan setiap langkah yang kita ambil dan penuh tanggung jawab untuk hidup kita. 
3. Usahakan selalu berada dengan orang-orang yang memiliki visi yang sama.
Banyak manfaat jika kita bersama orang-orang yang satu tujuan dengan kita satu pemikiran dengan kita. Kita tidak akan merasa berjuang sendiri dan apabila mendapat rintangan di jalan kita merasa ringan karena ada orang-orang disekitar kita yang saling mendukung kita. Dengan adanya orang-orang yang memiliki visi yang sama, kita bisa saling bertukar pikiran atau berdiskusi tentang visi dan strategi kita menuju kesuksesan. Selain itu kita bisa saling mengingatkan apabila kita sedang berada pada fase penurunan semangat dalam mencapai kesuksesan kita. 
4. Fokus pada proses bukan tujuan.
Mayoritas orang selalu mengedepankan hasil daripada prosesnya sehingga sangat mudah goyah di tengah jalan. Contoh apabila kita naik gunung kita terlalu fokus pada puncak sehingga lupa mencari cara agar dapat melewati banyak jalan curam menuju puncak. Tujuan memang penting namun proses kita menuju ke tujuan kita jauh lebih penting, sebab segala yang kita temui dan kita alami dalam perjalanan akan memberi pelajaran serta pengalaman. tidak jarang hal tersebut akan membentuk pola pikir kita ketika menyikapi suatu masalah. 
And the last jangan lupa bersyukur dan hargai diri kita sendiri sekecil apapun pencapaian kita. Kita istimewa dengan apa yang kita miliki saat ini. Jangan membandingkan diri kita dengan orang lain karena  setiap orang memiliki timeline masing-masing dalam mencapai tujuan kita. Mari aktualkan segala potensi yang kita miliki agar kita mudah menuju tujuan kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top