Pemuda Saat Ini, Adalah Pemimpin Di Esok Hari

Oleh: Shinta Putri Megawati, S.Psi

Dari: Pusat Psikologi Terapan Metamorfosa

Jl. Parangtritis Km 09, Bantul

Hp: 085328859600

Tlp:(0274)2811844

Pemuda merupakan investivasi negara yang paling berharga. Ciri khas yang membedakan pemuda dengan orang dewasa maupun anak-anak yaitu bahwa pemuda seharusnya memiliki daya juang yang tinggi untuk mandiri dan terlibat aktif di dalam masyarakat. Kemandirian di sini minimal mampu mengambil keputusan sendiri dan berani bertanggungjawab terhadap keputusannya. Selain itu, pemuda bukanlah orang yang hanya sibuk dengan dirinya sendiri, melainkan mulai belajar untuk berkontribusi kepada masyarakat. Betapa dahsyatnya potensi pemuda bila dikerahkan semaksimal mungkin, bahkan Bung Karno pernah berkata bahwa hanya dengan sepuluh pemuda mampu menggoncangkan dunia. Tentu pemuda yang dimaksudkan di sini yang memiliki daya juang tinggi dan berkualitas.

Akan tetapi, saat ini banyak kita temui bahwa pemuda belum menyadari akan kekuatan dan peran yang mereka miliki. Banyak pemuda  yang mudah risau hanya masalah sepele seperti patah hati, mudah tersinggung, merasa kurang percaya diri dengan penampilan fisiknya dan hal lainnya yang masih perfokus pada dirinya sendiri. Sehingga perlu sekali bagi pemuda untuk menyibukkan diri pada hal positif, agar energinya terarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologisnya.

Pemuda harus mulai menyadari posisinya bahwa merekalah yang akan menjadi pemimpin di masa depan. Oleh karena itu, perlu membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan. Bahkan pengalaman juga turut mengasah soft skill para pemuda, seperti kepemimpinan, sehingga sangat baik bila pemuda terlibat aktif pada beberapa organisasi. Selain itu, kecerdasan emosi akan semakin terlatih, sehingga para pemuda akan lebih bijaksan dan toleransi saat menghadapi perbedaan . Dengan demikian, pemuda perlu mengoptimalkan segenap potensi mereka agar menjadi putra/putri yang mampu membanggakan Bangsa Indonesia dengan akhlak dan sikap yang baik.   

 

                                   

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top