Pentingnya Memiliki Resiliensi

Hidup adalah sebuah ‘petualangan’, sehingga sangat diperlukan keterampilan dalam mengelolanya. Tidak semua kenyataan sesuai dengan harapan, bahkan bisa jadi dalam satu hari menemukan beberapa konflik baik di tempat kerja maupun di rumah. Oleh karena itu, seseorang penting memiliki resiliensi yang baik untuk menghadapi permasalahan tersebut. Resiliensi merupakan kemampuan seseorang untuk mengatasi dan beradaptasi bila terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan / hal buruk dalam hidupnya. Bahkan orang yang memiliki resiliensi yang baik, ia mampu mengembangkan cara untuk mengubah keadaan yang penuh tekanan menjadi sebuah kesempatan untuk mengembangkan diri pribadi.
Resiliensi memiliki juga arti sebagai daya lenting, atau kepegasan sehingga mampu gigih dan tekun dalam menghadapi peristiwa hidup yang tidak sesuai harapan. Terdapat beberapa hal yang dapat membangun resiliensi seseorang diantaranya yaitu regulasi emosi dan efikasi diri.Seseorang yang mampu mengekspresikan emosi, baik itu emosi positif atau negatif merupakan hal konstruktif dan sehat. Bahkan kemampuan mengekspresikan emosi yang tepat merupakan bagian dari resiliensi.
Seseorang yang tetap tenang dan fokus dalam menghadapi ‘tantangan’ hidup, maka ia memiliki kemampuan regulasi emosinya yang baik. Keterampilan untuk fokus pada permasalahan yang ada memudahkan individu untuk menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Setiap permasalahan yang ada akan berdampak pada timbulnya permasalahan-permasalahan yang baru. Seseorang yang fokus, maka akan mampu menganalisa dan membedakan antara sumber permasalahan yang sebenarnya dengan masalah-masalah yang timbul sebagai akibat dari sumber permasalahan. Pada akhirnya, individu juga dapat mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada.
Selain itu, efikasi diri merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai resiliensi. Efikasi diri merepresentasikan keyakinan seseorang bahwa ia mampu memecahkan masalah yang dihadapi secara efektif dan yakin akan mampu untuk sukses. Dengan demikian, seseorang yang resilien akan optimis dan antusias untuk memecahkan persoalan hidup, sehingga ia selalu menemukan makna dan arti dalam hidup.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top