PERNIKAHAN ADALAH TEMPAT AMAN BAGI PASANGAN

Artikel

 

Pernikahan yang sehat merupakan pernikahan dimana kedua pasangan merasa aman, saling merasa dicintai, dihargai, di lihat dan dapat menerima kekurangan serta kelebihan pasangan dengan cara positif. Dalam sebuah pernikahan cinta memang membuat bahagia, namun untuk membina pernikahan yang sehat tidak cukup hanya dengan cinta, karena pada dasarnya pernikahan tentang menyatukan dua insan dan dua keluarga yang berbeda menjadi satu. Pasangan juga perlu melakukan banyak pengorbanan, toleransi dan kemauan untuk saling memahami sikap, sifat dan kebiasaan pasangan yang terkadang berbeda dengan kita agar pernikahan bertahan dan mencapai tujuan pernikahan, karena sejatinya menua bersama adalah salah satu impian yang selalu digadang-gadang setiap pasangan saat menuju pelaminan. 

 

Apa saja kunci untuk menciptakan sebuah pernikahan sehat yang harus kita memiliki :

1.Kepercayaan

Kepercayaan adalah fondasi yang kuat dalam membangun sebuah hubungan. Kita harus bisa menjaga kepercayaan yang diberikan pasangan, karena ketika salah satu berkhianat maka mereka akan susah untuk membangun kepercayaan lagi. Sedangkan hubungan yang berjalan tanpa kepercayaan akan dipenuhi dengan banyak kecurigaan yang berpotensi membebani diri dan pasangan. 

2. Kejujuran

Kejujuran sangat diperlukan dalam sebuah hubungan, baik itu terkait keuangan, kegiatan, maupun hubungan mereka. Pasangan diibaratkan sebuah tim yang terdiri dari dua orang dan masing-masing harus dapat mengandalkan integritas satu sama lain agar dapat bekerja. 

3. Saling menghormati

Dalam pernikahan yang sehat kita harus saling menghormati pendapat, tujuan, pemikiran, perasaan satu sama lainnya. Pasangan harus mendengarkan dan belajar untuk menerima kekurangan serta kelebihan satu sama lainnya. Tidak boleh saling merendahkan atau menghina pasangannya.

4. Kesetiaan

Pasangan bisa mendiskusikan tentang harapan mereka terhadap pasangannya agar dapat saling membenahi diri. Karena dalam sebuah pernikahan pasti akan ada cobaan, baik cobaan ekonomi maupun cobaan kesetiaan, dan ketika cobaan itu muncul kita harus bisa menjaga kesetiaan yang sudah diikrarkan ketika akad nikah dimulai.

5. Platinum rule

Kita pasti pernah mendengar “Perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan”, namun pada aturan dalam platinum rule “perlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan”. Hal ini berarti meluangkan waktu untuk mengerti apa yang bisa mendukung dan menyenangkan pasangan, walaupun tidak menginginkan hal yang sama.

6. Mengelola emosi 

Keretakan dalam rumah tangga sering kali diebabkan karena emosi yang tidak tersampaikan. Dalam pernikahan pasangan diharapkan dapat mengenali dan menyampaikan emosinya secara langsung dengan cara yang positif. Kemudian meminta maaf kepada pasangan secepat mungkin apabila melakukan kesalahan.

7. Menjaga komunikasi

Komunikasi menjadi kunci dalam sebuah hubungan yang baik, berkomunikasi secara terbuka mengenai cerita sehari-hari, perasaan, atau impian adalah cara yang efektif untuk menumbuhkan keintiman pernikahan.

 

Banyak hal yang harus dipersiapkan ketika kita ingin melangkah ke jenjang pernikahan, dari segi ekonomi, kesiapan psikologis pasangan dan untuk membangun sebuah hubungan pernikahan yang sehat kita memerlukan 7 kunci yang sudah dipaparkan diatas. Hubungan yang sehat selalu dapat menangani segala permasalahan yang muncul dengan baik. Tidak menuruti ego masing-masing dan saling menyalahkan pasangannya, namun mencari solusi dari pengalaman yang mereka lalui. Dengan itu, kita akan menjadi versi yang lebih baik lagi dan pernikahan akan tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu.

 

“The beauty of marriage is not always seen from the very beginning but rather as love grows and develops over time.” – Fawn Weaver

 

Referensi

https://psychcentral.com/lib/a-good-marriage-is-a-safe-marriage#5 

https://www.alodokter.com/pernikahan-yang-sehat-cinta-saja-belum-cukup 

https://www.parenting.co.id/keluarga/10-kunci-pernikahan-sehat 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*