Bangun di Pagi Hari Memberi Manfaat Bagi Kesehatan Mental

Tahukah kamu kalo bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental?  Sebuah penelitian di University of California menyatakan bahwa bangun di pagi hari mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan bagi kesehatan mental yaitu seseorang tidak mudah stress dan memiliki kontrol diri dengan baik. Kira-kira kapan waktu yang tepat untuk bangun di pagi hari?

Waktu yang tepat untuk bangun di mulai dari pukul 04.00. Di waktu tersebut kita bisa melakukan banyak hal, seperti olahraga, meditasi sambil menikmati udara yang masih sejuk, dan lainnya. Lalu, kira-kira apa saja manfaat lebih lanjut dari bangun pagi untuk kesehatan mental?

  1. Membuat Bahagia

           Seseorang yang bangun pagi akan lebih bahagia dibandingkan yang suka tidur larut malam lalu bangun kesiangan. Hal tersebut dikarenakan individu yang bangun siang akan lebih terburu-buru dan tidak bisa menikmati pagi hari dengan santai.

  1. Membuat Lebih Optimis

          Bangun pagi berkaitan dengan pembentukan karakter seseorang. Individu yang bangun pagi akan mempunyai karakter yang optimisme, tingkat kepuasan dan kesadaran yang lebih optimal, karena saat itu otak dalam kondisi yang sangat rileks dan tidak adanya gangguan. Inilah alasan mengapa orang-orang yang bangun di pagi hari menjadi optimis dalam hidupnya.

  1. Menemukan Ide dan Problem Solving yang baik

           Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Psychological Science, mengatakan bahwa mood positif hadir dari morning people yang dapat meningkatkan fleksibilitas kognitif. Artinya, kemampuan otak menjadi lebi leluasa mencari berbagai ide, solusi kreatif dari permasalahan yang baik.

  1. Terhindar Dari Depresi

           Profesor dari Colombia University College of Physicians and Surgeons, New York di dalam penelitiannya menemukan bahwa ada kaitan yang erat antara aktivitas tidur terlalu larut dan susah bangun pagi dengan depresi. Salah satu alasan seseorang mengatakan mereka tidak suka pagi adalah bahwa mereka tidur terlalu larut. Bangun pagi akan memberi waktu yang lebih banyak untuk melakukan berbagai aktivitas. Sedangkan saat terlambat bangun tidur, seseorang menjadi terburu-buru dan berdampak pada mood yang buruk, sehingga dalam jangka panjang akan mengalami depresi berat.

Menyadari begitu banyaknya manfaat yang diperoleh dari bangun tidur di pagi hari, maka  sudah selayaknya kita mengatur pola tidur. Apabila Anda merasa kesulitan bangun tidur di pagi hari, karena permasalahan insomnia, Anda dapat berkonsultasi ke psikolog untuk melakukan terapi. Yuk kunjungi Pusat Psikologi Terapan Metamorfosa, Jalan Parangtritis km. 9, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi No WA: 085328859600 atau telpon (0274) 2811844

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top