Psikologi Pendidikan Tingkatkan Kualitas

Penulis: Shinta Putri Megawati, S.Psi

Pusat Psikologi Terapan Metamorfosa, Jln. Parangtritis Km 09, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta 55186 

            PENDIDIKAN merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup seseorang. Oleh karena itu, salah satu tujuan pendidikan yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggungjawab. Kondisi ini semakin mendorong pendidik untuk lebih serius memahami tentang psikologi pendidikan. Untuk menjalankan profesinya sebagai pendidik, terutama seorang guru, sangat memerlukan pengetahuan dan keterampilan dalam proses belajar mengajar.

            Peranan psikologi dalam dunia pendidikan sangat penting, terutama bagi kegiatan pendidikan pengajaran, pengembangan kurikulum, sistem evaluasi dan layanan konseling. Bahkan dnegna menguasai psikologi pendidikan, guru menjadi lebih bijaksana dalam memahami perbedaan siswa. Dengan pemahaman guru yang baik terhadap keberagaman siswanya, maka hasil belajar bisa optimal.

            Selain itu, psikologi pendidikan juga mengajarkan guru untuk memapu memahami kondisi psikologi dan menciptakan suasana belajar yang kondusif, sehingga proses pembelajaran di dalam kelas berjalan efektif. Pemilihan strategi dan metode pembelajaran pun perlu diperhatikan, agar tepat bagi peserta didik. Bahkan, psikologi pendidikan mampu meningkatkan keterampilan para guru untuk memberikan layanan konseling, sehingga tidak hanya guru BK saja yang mengkonseling para siswa, melainkan setiap guru mampu memberikan bimbingan dengan pendekatan secara emosional.

            Jika hubungan emosional positif telah terjalin, maka proses belajar menjadi menyenangkan. Dengan demikian, sangat penting bagi para pendidik untuk mempelajari dan menerapkan ilmu psikologi pendidikan agar tercapai pendidikan yang berkualitas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top