Self-Forgiveness: Ketika Diri Tak Bisa Sempurna

Artikel

Ketika orang lain melakukan kesalahan kepada kita, mereka mungkin akan meminta maaf lalu kita akan memaafkan mereka, ataupun sebaliknya. Tapi, gimana kalau kesalahan itu dilakukan oleh dan terhadap diri kita sendiri? Perlu ngga sih kita meminta maaf dan memaafkan diri sendiri? Ternyata, sebagaimana meminta maaf atau memaafkan kesalahan orang lain, memaafkan diri sendiri juga penting untuk kita lakukan, lho, Sahabat Meta! Kenapa sih kok penting?

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu ngga luput dari kesalahan, baik itu disengaja maupun tidak. Kesalahan-kesalahan itu seringkali menimbulkan penyesalan yang berujung pada self-blaming (menyalahkan diri sendiri), menumpuk emosi-emosi negatif, yang kemudian menghambat pertumbuhan psikologis dan spiritual seseorang, pun dapat berdampak pada fisik seperti perilaku menyakiti diri sendiri, atau sakit pada tubuh.

Kalau gitu, apa nih yang harus kita lakukan agar bisa memaafkan diri sendiri?

  1. Pahami Apa yang Kamu Rasakan

Ketika kita melakukan kesalahan atau baru menyadarinya, kita mungkin akan merasakan berbagai gejolak emosi, seperti marah, kecewa, sedih dsb. Pahami emosi yang dirasakan, tidak perlu terburu-buru. Kita bisa mencoba memahaminya dengan menulis apa yang kita rasakan di buku harian atau selembar kertas.

  1. Akui Kesalahan dan Jadikan Pelajaran

Self-forgivveness bukan sekadar mengucapkan kata “maaf” kepada diri sendiri, tetapi kesadaran moral dan diri, atau lebih pada sebuah refleksi dan mengakui kesalahan bukan membenarkan kesalahan yang telah kita perbuat tapi menjadikannya sebagai pelajaran.

  1. Memperbaiki Diri

Ketika kita telah memaafkan diri sendiri, bukan berarti rasa sakit atau akibat dari perbuatan kita akan hilang seketika, tetapi akan timbul pertumbuhan dari sisi psikologis, bahkan mungkin spiritual. Kita perlu memahami bahwa yang sudah terjadi tidak dapat kita putar kembali, tetapi kita dapat memperbaiki diri agar di masa depan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

 

Referensi:

https://www.psychologytoday.com/us/blog/emotional-nourishment/201704/forgiving-yourself

https://www.psychologytoday.com/us/articles/202201/how-to-forgive-yourself

Wohl, et al. 2008. Measuring State Self-Forgiveness and Its Relationship to Psychological Well-Being. Canadian Journal of Behavioural Science, Vol. 40, No. 1.

Peterson, et al. 2016. The Benefits of Self-Forgiveness on Mental Health: Evidence from Correlational and Experimental Research. The Journal of Positive Psychology.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*