THE ART OF COUNSELING BERSAMA METAMORFOSA

Sehat merupakan dambaan setiap insan. Bukan hanya sehat fisik, tetapi sehat mental juga perlu diperhatikan. Seperti yang kita tahu bahwa isu kesehatan mental sekarang ini menjadi hal yang sangat sering diperbincangkan. Bukan tanpa alasan, melainkan banyak orang yang di sekitar kita mengalami sakit mental. Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan adalah kondisi fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan.

Akan tetapi, di tengah masyarakat masih banyak kita temui orang yang mengalami stres, frustasi, bahkan depresi. Menyadari betapa banyaknya permasalahan yang ada di masyarakat, mendorong kita untuk bergerak memberikan pertolongan. Sehingga kehadiran seorang konselor memiliki peran yang sangat penting.

Lantas kompetensi apa sajakah yang perlu dimiliki oleh seorang konselor?

Tentu saja, mereka perlu memiliki ketrampilan dalam tata laksana proses konseling, seperti seni mendengarkan, memahami, menerima dan berempati. Kemampuan konseling tidak hanya dibutuhkan oleh seorang konselor ataupun psikolog, tetapi juga diperlukan oleh seorang guru, pekerja sosial, bahkan orangtua. Sehingga, apabila kita memiliki ketrampilan konseling, maka akan semakin banyak orang yang dapat kita tolong. Termasuk, para mahasiswa, juga dapat menjadi peer counselor untuk teman sebayanya. Misalnya, saat ada teman yang sedang stres karena orangtua broken home, atau teman lain yang bersedih hati karena sedang broken heart, maka kita dapat memberikan pertolongan dengan ‘seni’ konseling. Dengan demikian, kita perlu mengasah dan meningkat ‘seni’ dalam konseling. Yuk, belajar seni konseling bersama Metamorfosa!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top