The Importance of Self Care

Apa itu self care?

Self Care adalah bagaimana kita peduli terhadap diri kita sendiri, dari segi fisik maupun mental. Self care menempatkan sedekat mungkin dengan keseimbangan baik fisik maupun mental. Nah dalam kondisi apa seharusnya kita melakukan self care? Idealnya ketika kita dalam keadaan happy tetep do self care, tidak hanya ketika kita dalam keadaan tidak senang atau lagi susah kita peduli terhadap diri kita.

Bagaimana caranya? Self care bisa dilakukan dengan berbagai macam hal, seperti:

1. Tidur cukup, secara tidak sadar pola tidur mempengaruhi kondisi tubuh kita, ketika kita memiliki pola tidur yang baik maka akan lebih berenergi ketika melakukan aktivitas juga memiliki emosi yang lebih stabil

2. Makan sehat, selaras dengan tidur cukup, makanan yang kita konsumsi juga mempengaruhi performa tubuh kita. Ketika mengkonsumsi makanan sehat, tubuh akan lebih produktif dalam menemani kita beraktivitas. Memilah makanan yang kita konsumsi juga menjadi cara kita self care terhadap tubuh, karena diri kita ialah apa yang kita makan

3. Journaling, mungkin kata ini masih terdengar asing di telinga, journaling ialah salah satu metode self care dengan cara monitoring diri kita, menulis hal apa saja yang dirasakan pada satu hari itu, bisa dengan cara mood tracker, ketika merasa marah, sedih, senang, atau bahkan ketika tidak merasakan apa apa ditulis di dalam sebuah buku/jurnal. Hal lain yang dapat dilakukan ialah habbit tracker, makan minum apa saja hari itu, tidur berapa jam, juga kegiatan apa saja yang dilakukan sehari itu.

Kedua hal tersebut nantinya dapat menjadi informasi, ketika ditarik garis antara mood dan habbit. Misalnya, dalam satu bulan ini merasa moodnya banyak kesal atau bahasa sekarangnya uring uringan, ternyata setelah dilihat di habbit tracker kurang tidur, makan tidak teratur atau makan junkfood terlalu banyak. Nah, untuk hari hari selanjutnya kita dapat memperbaiki habbit kita untuk tubuh yang lebih produktif dan mood yang lebih baik. 

Journaling juga dapat menjadi salah satu bentuk latihan untuk mengekspresikan perasaan, kalau tidak terbiasa bercerita ke orang lain, journaling dapat menjadi medianya. 

Ingat, melakukan self care bukan berati kita egois, karena diri kita justru membutuhkan perawatan dan perhatian untuk tetap menjadi pribadi yang positif dan produktif. Apalagi di tengah zaman yang menuntut kita semakin sibuk. Self care menjadi salah satu cara kita untuk self love. Kembali memahami, menghargai, dan mencintai diri sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top