Tips Saat Anak Menonton Televisi

Masa anak-anak merupakan masa dimana anak mulai menirukan dan merekam apa yang mereka dapatkan dari lingkungan di sekitarnya. Anak-anak belajar dari lingkungan sekitar rumah mereka, dirumah terdapat media yang seringkali anak tonton yaitu televisi. Televisi merupakan media yang menampilkan gambar dan suara, media televisi saat ini memiliki tayangan yang beragam dari kartun, sinetron, dokumentasi, berita dan yang lainnya.

Berbagai macam adegan dan peran dalam pertelevisian saat ini dipertontonkan, ada beberapa adegan dalam televisi yang sering kurang mendidik terhadap anak-anak. Sehingga sebagai orang tua  harus bersikap bijak dalam mengawasi dan menseleksi tontonan untuk anak-anak, untuk semua tontonan termasuk juga kartun.

Orang tua harus ikut andil dalam menyeleksi tontonan anak, berikut beberapa tips untuk orang tua dalam menyeleksi tontonan anak :

  1. Dampingilah anak

Orang tua bisa ikut mengontrol langsung ketika anak menonton televisi, sehingga jika ada tontonan yang tidak sesuai orang tua bisa langsung memperingatkan atau menjelaskan kepada anak.

  1. Atur waktu anak

Setiap stasiun televisi pastinya sudah punya waktu untuk tayangan tertentu sehingga sebagai orang tua juga dapat mengatisipasi dan dapat mengatur waktu anak.

  1. Jelaskan segala tayangan

Saat anak menonton jelaskan apa saja yang menurut anda kurang sesuai dengan anak atau biasanya anak juga sering menanyakan hal tersebut ke orang tua

  1. Berikan anak kegiatan

Anak pasti punya kegiatan yang lain untuk mengisi waktunya agar tidak hanya menonton televisi dan untuk mengatasi adanya kecanduan.

Jadi beberapa cara diatas dapat anda terapkan dikeseharian anda bersama anak, mari kita jaga anak kita dari tayangan yang kurang baik dan sesuaikan dengan umur anak kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top