Video Game Ada Bagusnya Juga Kok

Apakah kalian pernah bermain video game? Pasti seru bukan ketika kita bermain video game baik itu sendiri ataupun bersama teman. Dewasa ini, banyak sekali kita menjumpai berbagai video game bukan? Baik itu yang mampu dimainkan secara online ataupun secara offline. Permainan seperti PUBG, Mobile Lagend, Cooking Mama, Outlast Chess, Brain Test, Candy Crush Saga, Ashpalt atau video game lainnya pasti sering kita jumpai dan mainkan. Semua contoh-contoh tersebut mampu diunduh melalui smartphone atau komputer kita, tentu mudah sekali bukan untuk memainkan video game tersebut, tinggal menyesuaikan video game apa yang disukai. Ternyata bermain video game tidak melulu menimbulkan dampak negatif lho. Berikut ini adalah dampak positif yang dapat diperoleh dari bermain video games:

  1. Meningkatkan skill Bahasa Inggris

Tidak sedikit video game yang kita mainkan berbahasa inggris. Tentu kita perlu memahami bukan bagaimana cara memainkan serta jalan ceritanya dalam video game yang kita mainkan. Dikarenakan menggunakan bahasa inggris maka kita mau tidak mau perlu untuk memahami kata demi kata penjelasan dalam video game yang kita mainkan bukan. Selain itu, tidak menutup kemungkinan pula pada video game yang kita mainkan terdapat fitur untuk berkomunikasi dengan pemain lain yang bisa saja berasal dari luar Indonesia. Tentu dalam berkomunikasi dengan pemain luar Indonesia itu perlu untuk bisa berbahasa inggris bukan?

  1. Mengembangkan kemampuan sosial

Tidak menutup kemungkinan khususnya dalam bermain video game online kita dapat berkenalan dengan orang baru karena video game online baik dengan orang-orang dalam ataupun luar negeri. Selain itu juga dapat melatih kemampuan dalam berdiskusi, bagaimana menyampaikan pendapat yang baik, menyakinkan mengenai strategi yang akan digunakan serta bisa mengurangi kesepian pula karena adanya interaksi dengan individu lain. Selain itu, jika kita bermain secara kelompok maka dapat meningkatkan kemampuan kita dalam membantu sama lain untuk memenangkan permainan, jika hal ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maka tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan diri menjadi lebih peka terhadap keadaan sekitar dan suka membantu sesama.

  1. Membentuk karakter pantang menyerah

Tentu dalam bermain video game untuk menggapai kemenangan sering kali dihadapkan kesukaran yang berbeda ditiap level yang dihadapi. Dalam menghadapi hal tersbeut sering kali kita mengalami kegagalan, tetapi ketika kita tidak menyerah maka akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Tentu hal ini mampu menjadikan individu menjadikan pribadi yang pantang menyerah guna mencapai apa yang diharapkan dalam video game yang dimainkan. Ketika individu terbiasa melakukan hal ini tidak menutup kemungkinan pula dalam menghadapi persoalan pada kehidupan sehari-hari akan tidak mudah menyerah juga.

  1. Menambah pengetahuan baru

Tidak jarang dalam video game terdapat berbagai pengetahuan baru yang mampu membuat individu menggali lebih dalam pengetahuan yang di dapat di video game yang dimainkan. Contohnya seperti ketika memainkan video game perang dunia, maka akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai bagaimana sejarah suatu negara, hal yang melatar belakangi terjadinya perang dunia, selain itu juga seperti pengetahuan mengenai mitologi Yunani, jenis makhluk hidup, benda-benda yang ada di luar angkasa.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Video game seperti catur, puzzle atau yang berjenis strategi mampu membuat individu berpikir bagaimana cara mengalahkan musuh dengan baik maka individu akan berpikir mengenai pemecahan yang efektif. Individu secara tidak langsung akan berpikir mengenai taktik yang baik dengan berimajinasi jika melangkah dengan langkah yang akan dilakukan lantas bagaimana jalan permainan yang akan datang selanjutnya.

Ternyata bermain video game terdapat berbagai manfaat di dalamnya. Tetapi, tetap perlu diingat bahwa kita tidak boleh bermain terlalu sering karena mampu mengakibatkan efek ketergantungan dan semua yang berlebihan itu tidak baik. Jadi mari kita bermain video game secukupnya saja ya.

Referensi

Granic, Isabela & dkk. (2014). The Benefits of Playing Video Games. American Psychologist Association, 69(1), 66-78.

https://www.google.com/amp/s/pijarpsikologi.org/tips-mudah-meningkatkan-daya-ingat/amp/

https://www.alodokter.com/selain-dampak-negatif-ada-berbagai-dampak-positif-video-game-untuk-anak

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top