Yuk Kenali Positive Self Talk dan Manfaatnya

Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan berjumpa dengan orang lain dan saling berinteraksi satu sama lain. Namun pernahkah kita menyadari bahwa interaksi juga dapat terjadi dengan diri kita sendiri?

Interaksi yang kita lakukan kepada inner voice yang ada pada diri kita sendiri dalam berbagai macam situasi dan kondisi dapat disebut dengan Self talk. Self talk dapat kita lafalkan baik dalam hati maupun dengan suara lantang akan menjadi sebuah sugesti untuk diri. Sejatinya, self talk membantu diri sendiri menjadi lebih sadar dalam berpikir, merasa, dan bertindak.

Self talk terbagi dalam dua jenis yaitu Positive Self Talk dan Negative Self Talk. Terkadang tanpa disadari  ketika seseorang menghadapi situasi dan kondisi tertentu akan muncul salah satu dari kedua jenis self talk tersebut, contoh jika dalam menghadapi suatu kegagalan seseorang dengan positive self talk  akan mengatakan “Saya akan terus berusaha untuk bangkit dan lebih baik lagi” sedangkan seseorang dengan negative self talk akan mengatakan “saya sudah gagal dan tidak mungkin untuk bangkit lagi”. Masing-masing memiliki pengaruh yang kuat terhadap pikiran serta perilaku seseorang seperti pengaruh dari Negative self talk dapat memberikan dampak buruk pada diri kita seperti kecemasan, marah, kecewa, dan perasaan tidak bahagia.

Oleh karena itu alangkah baiknya kita berusaha untuk memunculkan pikiran serta kata-kata positif terhadap diri kita sendiri. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat positif yang diberikan oleh positive self talk:

  1. Memberikan Mood Positif

Self-talk dapat memberi mood yang positif saat tubuh dalam keadaan yang lelah, dengan cara mengucapkan kata-kata yang positif . Contoh kalimat yang dapat digunakan untuk keadaan ini “saya merasa sehat, kuat, bahagia”. semakin positif kata -kata yang diucapkan pada diri maka perasaan yang mengikuti kalimat tersebut juga semakin positif.

  1. Meningkatkan Performa

Atlet olahraga yang akan bertanding juga dapat meningkatkan performanya dengan menggunakan metode positive self talk. Tidak hanya itu, dalam menghadapi situasi tertentu yang membuat gugup, anda dapat mengatakan kata-kata positif yang anda ucapkan untuk diri anda sendiri yang akan meningkatkan kepercayaan diri anda dan memperoleh kekuatan untuk mengatasi kepanikan yang muncul. Hal tersebut dikarenakan positive self talk dapat membantu mengurangi kecemasan serta meregulasi pikiran, perbuatan, dan perasaan seseorang.

  1. Mengurangi Stress

Setiap orang tidak lepas dari tekanan stress dan itu dapat berdampak buruk pada psikis maupun fisik. Dengan melakukan komunikasi pada diri sendiri dengan kalimat-kalimat yang positif yang dapat membantu anda mengendalikan stress dan membuat anda merasa lebih tenang serta tidak cemas.

 

Berbicara kepada diri sendiri atau melakukan self talk berpengaruh secara signifikan terhadap kekuatan mental, oleh karena itu alangkah baiknya kita berusaha melihat suatu hal dari sisi yang positif dan mengucapkannya kata-kata positif kepada diri kita sendiri, hal tersebut tentu saja agar diri kita diliputi oleh pikiran dan perasaan yang positif pula guna bermanfaat baik pada kesehatan psikis kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top