Yuk Tetap Jaga Kesehatan Mental Di Tengah Kebijakan #Dirumahaja!

Sejak awal penyebaran virus covid-19 di Indonesia, telah banyak bermunculan himbauan #dirumahaja yang diserukan oleh beberapa orang, bahkan pemerintah. Mungkin saat ini hampir semua orang sudah memahami arti himbauan ini, yaitu untuk tetap berada di dalam rumah dan meminimalisir aktivitas di luar rumah, serta menjaga jarak dengan orang lain (social distancing). Himbauan untuk terus berada di rumah dan membatasi aktivitas di luar dapat menjadi hal yang sulit dilakukan oleh beberapa orang karena mengakibatkan rasa jenuh dan stres, terutama bagi orang-orang yang dalam situasi normal memiliki mobilitas tinggi. Orang dengan kebiasaan setiap hari memiliki aktivitas di luar rumah, bertemu dengan orang lain, dan melakukan berbagai banyak hal di tempat lain dapat mengalami kesulitan penyesuaian ketika harus diminta berdiam diri di rumah. Apakah kamu atau orang di sekitar merasakan hal yang sama? Kalau kamu merasakan hal yang sama, penting untuk memperhatikan kesehatan mentalmu agar tetap dalam kondisi yang baik selama masa #dirumahaja.

Perubahan aktivitas secara mendadak dan memaksa untuk terus di rumah dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Kebijakan untuk terus berada di rumah dalam waktu yang tidak sebentar, melakukan aktivitas yang sama terus-menerus, terbatasi aktivitas sosialnya, serta ditambah dengan munculnya berbagai berita mengenai virus covid-19 dapat menyebabkan munculnya rasa panik, stres, dan kecemasan. Oleh karena itu, jangan sampai ya kebijakan #dirumahaja demi mengurangi meningkatnya penyebaran virus covid-19 justu mengganggu kesehatan mentalmu! Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kesehatan mentalmu tetap terjaga, yuk simak tipsnya berikut ini!

  1. Buat jadwal aktivitas yang harus dilakukan esok hari

Kamu dapat membuat rangkaian aktivitas yang beragam setiap harinya agar tidak bosan. Selain itu, membuat jadwal aktivitas juga membuat kita tetap produktif meskipun harus berdiam diri di rumah. Tetap produktif dapat meningkatkan rasa eksistensi diri kita yang dapat menghindarkan diri dari rasa stres. Karena di masa-masa seperti ini, rasa stres dapat muncul karena perasaan tidak bermanfaat akibat hanya berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas apapun di rumah.

  1. Tetap melakukan aktivitas fisik

Meskipun di rumah, jangan lupa untuk tetap berolahraga dan melakukan aktivitas fisik. Kamu bisa memulai hari dengan berjalan-jalan atau jogging di sekitar rumah atau sekedar di halaman rumah saja. Tetap berolahraga akan menjaga kesehatan fisik dan memicu pelepasan endorphin, yang merupakan zat kimia otak yang membuat kamu merasa lebih bahagia dan rileks. Berolahraga juga dapat mengurangi stres karena olahraga dapat mengurangi kadar kortisol, yang merupakan hormon penyebab stres.

  1. Menjaga komunikasi dengan teman dan keluarga yang jauh

Jangan lupa untuk tetap berkomunikasi dengan teman dan keluarga yang jauh agar kamu tidak merasa kesepian dan memiliki tempat bercerita. Bercerita kepada teman atau keluarga juga dapat menjadi sarana untuk melepaskan emosi-emosi negatif dalam dirimu yang dapat menjadi sumber kecemasan.

  1. Belajar berbagai hal baru

Apakah kamu punya keinginan untuk belajar hal-hal baru tapi tidak memiliki waktu karena padatnya aktivitas? Ini lah saat yang tepat untuk melakukannya! Belajar hal baru dapat memicu kreativitas dan mengantarkanmu menemukan hobi baru. Melakukan hal yang kamu sukai (hobi) dapat memicu hormon endorphin yang membuatmu merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya diri, tentunya menghindarkan kita dari rasa bosan di rumah juga, kan? 

  1. Menerapkan pola hidup sehat

Konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, serta tidur yang cukup. Jangan sampai karena berada di rumah terus dan tidak perlu pergi sekolah maupun bekerja membuatmu merelakan jam tidur untuk menonton film atau bermain game. Kurang tidur dapat berpengaruh terhadap emosi serta berkontribusi pada serangan panik dan mimpi buruk yang dapat memunculkan kecemasan.

  1. Batasi berita yang dibaca dan pastikan sumber tersebut dapat dipercaya

Saat ini banyak sekali bermunculan berita hoax mengenai virus covid-19. Membaca tanpa memastikan sumbernya dapat memunculkan rasa cemas. Selain itu, batasi jumlah berita yang kamu baca setiap harinya, jangan terlalu fokus dengan pandemi ini. Alihkan perhatian beberapa saat dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti menonton film atau membaca buku.

 

Itu lah beberapa tips yang dapat kamu lakukan selama #dirumahaja supaya kesehatan mentalmu tetap terjaga di tengah serangan wabah covid-19. Menjaga kesehatan mental juga dapat menambah ketahanan imun kita agar tidak mudah tertular virus covid-19 lho! Seperti awan mendung yang pasti berlalu, keadaan ini juga akan segera berlalu. Semoga kita semua tetap kuat melalui semua ini! 🙂 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top